Wapres Ma'ruf Amin dan Istri Kompak Pakai Baju Adat Khas Pontianak, Ternyata Ini Maknanya
Wapres Ma'ruf Amin dan istri mengenakan pakaian khas Pontianak saat perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8/2024). [Suara.com/Faqih]
12:44
17 Agustus 2024

Wapres Ma'ruf Amin dan Istri Kompak Pakai Baju Adat Khas Pontianak, Ternyata Ini Maknanya

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri peringatan kemerdekaan di Kompleks Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Pantauan Suara.com, Ma’ruf menggunakan pakaian adat Pontianak, Kalimantan Barat. Senada dengan Ma'ruf Amin, sang istri Wury Estu Handayani mengenakan pakaian senada.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Sekretariat Wakil Presiden di Jakarta, Wapres Ma'ruf Amin mengenakan setelan Teluk Belanga warna kuning emas, dipadu kain sarung corak insang dengan warna senada di pinggang dan memakai penutup kepala yang biasa disebut Tanjak.

Corak insang pada kain yang dikenakan Wapres terinspirasi dari masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Kapuas.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Bangun Indonesia, Wapres: Masih Banyak Tantangan yang Harus Dihadapi

Inspirasi berasal dari insang ikan yang dijadikan sebagai media ungkapan seni dan memberi arti simbol dari nafas, kehidupan, dan terus bergerak, serta merupakan ungkapan rasa cinta kepada alam dan lingkungan serta semangat hidup sehari-hari yang dinamis.

Dengan demikian, makna filosofis dari pakaian adat yang dikenakan Wapres pada Sabtu ini secara garis besar melambangkan kejayaan untuk seluruh Indonesia, simbol dalam menyambut Indonesia Emas 2045, tidak hanya untuk manusia tapi juga untuk seluruh sumber dayanya.

Di sisi lain, pemilihan baju adat Pontianak, Kalimantan Barat juga melambangkan keragaman yang dimiliki Indonesia.

Untuk diketahui, Ma’ruf Amin hadir sekira jam 09.23 WIB atau tak lama setelah kedatangan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Keduanya sempat menyapa awak media sebelum duduk di kursi yang telah disiapkan.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka hadir di Istana Merdeka, Jakarta. Gibran hadir bersama anak, dan istrinya. Terlihat, putra sulung Presiden Joko Widodo ini mengenakan baju adat Papua.

Baca Juga: Detik-detik Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka, Tetap Khidmat Meski Terbagi di 2 Wilayah

Gibran bersama keluarga datang ke Istana Merdeka sekira pukul 09.10 WIB. Sementara, istri Gibran, Selvi Ananda tidak ikut menggunakan baju adat Papua. Silvi terlihat menggunakan kebaya berkelir hitam khas Lampung.

Aksi Gibran ini menjadi sorotan publik, selain menjadi Wakil Presiden terpilih, Gibran juga menggunakan baju adat Papua lengkap dengan properti tombak yang dibawanya.

Selain itu, aksi menggemaskan dari Jan Ethes juga tak kalah menjadi sorotan lantaran kompak dengan sang ayah menggunakan baju adat Papua.

Selain Gibran, tamu undangan yang hadir di Istana Merdeka diantaranya Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Mantan istri Prabowo Subuanto Titiek Soeharto, Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco Ahmad, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #wapres #maruf #amin #istri #kompak #pakai #baju #adat #khas #pontianak #ternyata #maknanya

KOMENTAR