Megawati Absen di Sidang Tahunan MPR, Puan Beberkan Alasannya sampai Bicara Soal Kesehatan
Ketua DPR RI Puan Maharani saat tiba di Gedung DPR MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024). [Pool / Dokumentasi Parlemen]
13:32
16 Agustus 2024

Megawati Absen di Sidang Tahunan MPR, Puan Beberkan Alasannya sampai Bicara Soal Kesehatan

Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menjelaskan alasan mengapa ibunya Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI, Jumat (16/8/2024). Diketahui, ini merupakan sidang tahunan di akhir masa jabatan Presiden Jokowi.

Puan menyampaikan Megawati absen lantaran ada acara lain.

"Beliau nggak bisa hadir ada acara lain," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Sementara itu Megawati memang dijadwalkan akan memimpin upacara HUT Kemerdekaan 17 Agustus di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, pada Sabtu esok.

Baca Juga: Pidato Puan Singgung Fenomena Pemilu 2024: Yang Menang Jadi Indah, Yang Kalah Sulit Tidur

"Besok acaranya, hari ini ada acara lain," ujarnya.

Ia mengatakan, absennya Megawati ini juga sudah dikomunikasikan kepada dirinya. Menurutnya, Megawati dalam kondisi sehat.

"Nggak kalau nggak hadir kayak kenapa, sehat sehat saja," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak nampak hadir secara fisik dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Berdasarkan pantauan Suara.com, tak nampak kehadiran Megawati dan SBY dalam kursi kehormatam yang disiapkan bagi mantan-mantan Presiden.

Baca Juga: Puan Ingin Hilirisasi Jangan Hanya Fokus Pada Sektor Mineral Saja

Hal itu juga diperkuat dengan tidak disebut nama kedua tokoh itu oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat membuka sidang.

Bamsoet hanya menyapa atas kehadiran Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno dan Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK).

Try Sutrisnl dan JK terlihat duduk bersebelahan dalam agenda sidang tahunan ini.

Adapun sebelum sidang dimulai, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat tak memberikan jawaban pasti soal kehadiran Megawati dalam agenda tersebut.

"Kita lihat aja nanti ya," kata Djarot singkat.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengungkapkan alasan SBY absen pada gelaran sidang ini.

Adik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu menjelaskan bahwa ayahnya memiliki agenda-agenda tertentu selepas merampungkan jabatannya sebagai presiden pada 2014 lalu.

Hari ini, Ibas mengungkapkan bahwa SBY absen pada Sidang Tahunan karena sedang berada di Pacitan, Jawa Timur.

"Kebetulan Pak SBY tahun ini sedang berada di Pacitan karena ada syukuran 1 tahun Museum SBY-Ani," kata Ibas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

"Beliau ingin hadir secara langsung memberikan semacam selametan gitu ya agar usia museum di masa depan juga terus baik dan bisa bermanfaat untuk generasi generasi selanjutnya," tandas dia.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #megawati #absen #sidang #tahunan #puan #beberkan #alasannya #sampai #bicara #soal #kesehatan

KOMENTAR