Amran: Obor Lumbung Pangan Indonesia akan Menyala ke Seluruh Dunia
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat memimpin perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tangerang, Banten pada Kamis (15/8). 
20:41
15 Agustus 2024

Amran: Obor Lumbung Pangan Indonesia akan Menyala ke Seluruh Dunia

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa Hari Kemerdekan Indonesia merupakan momentum untuk mengobarkan obor lumbung pangan Indonesia.

Menurutnya, Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-79 ini harus semakin mendorong semangat bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan termasuk para petani.

"Indonesia menjadi lumbung pangan, petani semakin sejahtera, petani semakin kehidupannya lebih baik. Makanya obor lumbung pangan Indonesia akan dinyalakan ke seluruh dunia," katanya usai pimpin perayaan HUT ke-79 di Tangerang, Banten pada Kamis (15/8).

Dalam mencapai hal tersebut, ia menggenjot tiga terobosan yakni pompanisasi, optimalisasi lahan rawa dan ekstensifikasi atau cetak sawah.

Sebagai langkah pertama, pompanisasi dianggap tercepat untuk meningkatkan produktivitas pertanian karena masa panen dapat bertambah dari hanya satu kali menjadi tiga kali. Sebanyak satu juta lahan targetnya akan di pompanisasi.

Selanjutnya yakni oplah atau optimalisasi lahan rawa yang ada saat ini. Sehingga, lahan-lahan rawa itu ditargetkan mampu tiga kali panen.

Terakhir, ia akan melakukan ekstensifikasi atau mencetak sawah baru sejumlah tiga juta hektar, dengan target satu juta hektar setiap tahunnya yang dimulai pada 2025.

"Dirgahayu ke-79, hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kita jaga kesatuan. Kita jaga kolaborasi kita. Kita jaga kebersamaan. Agar Indonesia menjadi lumbung pangan dunia maksimal 3 tahun ke depan," ujarnya.

Editor: Content Writer

Tag:  #amran #obor #lumbung #pangan #indonesia #akan #menyala #seluruh #dunia

KOMENTAR