Megawati Buka-bukaan Ada yang Mau Ambil PDIP, Projo: Mau Nuduh Pak Jokowi?
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat bersama dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Suara.com/Bagaskara)
18:32
14 Agustus 2024

Megawati Buka-bukaan Ada yang Mau Ambil PDIP, Projo: Mau Nuduh Pak Jokowi?

Ketua Umum Relawan ProJo, Budi Arie Setiadi, menanyakan kepada Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri soal siapa pihak yang dimaksud ingin mengambil alih partai berlambang banteng moncong putih.

Budi mengingatkan agar jamgan sampai justru membuat tuduhan. Hal ini disampaikan Budi menanggapi pernyataan Megawati menyoal ada pihak ingin ambil alih PDIP.

"Ya tanya saja siapa yang mau ambil alih siapa yang berminat? Jangan main nuduh-nuduh," kata Budi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Budi juga mempertanyakan penguasa yang dimaksud dalam pernyataan Megawati. Ia mempertanyakan apakah itu mengarah ke Presiden Jokowi atau tidak.

Baca Juga: Banding usai PTUN Kabulkan Gugatan Anwar Usman, MK: Putusan Itu Tak Sesuai Harapan!

Menteri Komunikasi dan Informatika ini sekaligus menegaskan bahwa tidak ada niat dari Jokowi mengambil alih PDIP.

"Ya penguasa itu siapa? Mau nuduh Pak Jokowi? Pak Jokowi enggak mau. Enggak pernah mau," kata Budi.

Pernyataan Megawati

Sebelumnya Megawati menegaskan dirinya bersedia kembali memimpin Partai berlambang banteng mancong putih. Terlebih dalam Rakernas PDIP terakhir di awal tahun ini, para pengurus PDIP sudah meminta kesediaan Megawati untuk kembali menjadi ketua umum periode 2025-2030.

Awalnya, Megawati mengaku resah dengan adanya isu, bahwa ada pihak yang ingin mengambil posisi Ketua Umum PDIP.

Baca Juga: Anies Kian Terjepit, PDIP Kasih Sinyal Usung Kader Ketimbang Orang Luar

"Begitu dengar ini kayaknya diambil PDI Perjuangan, saya mau jadi ketua umum lagi," kata Megawati dalam pidatonya di sela-sela pemberian rekomendasi dukungan ke calon kepala daerah PDIP di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan pidato saat acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (14/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan pidato saat acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (14/8/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Megawati menyinggung nama Gatot Soebroto dan Ahmad Yani, dua jenderal legendaris milik TNI AD. Lalu, Presiden Kelima RI itu menyampaikan seharusnya di usianya yang 77 tahun ini, dirinya sudah pensiun.

Ibu dari Puan Maharani ini kemudian mendengar aspirasi dari para kader PDIP yang menginginkannya menjadi Ketua Umum PDIP lagi.

Di sisi lain, Megawati sempat menyampaikan kepada Sekjennya Hasto Kristiyanto, bahwa sebenarnya ia ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Aku bilang sama Hasto, aku pikir dulu, ya, To. Aku rasanya kepingin juga deh ngumpul sama keluarga," ujarnya.

Niatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ternyata tidak menemukan jalan mulus. Megawati mendengar ada pihak yang ingin membegal PDIP. Megawati juga mencontohkan hal tersebut terjadi pada partai politik sebelah, tanpa menyebutkan nama parpol yang ia maksud.

"Ada orang mau ngambil pula PDI Perjuangan. Aih, gawat," katanya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #megawati #buka #bukaan #yang #ambil #pdip #projo #nuduh #jokowi

KOMENTAR