Jadi Trending Topic, Ini Jabatan Rocky Gerung di Federasi Panjat Tebing Indonesia
Meski dikenal sebagai akademisi dan pengamat politik, Rocky Gerung merupakan Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) periode 2023-2027. 
07:50
9 Agustus 2024

Jadi Trending Topic, Ini Jabatan Rocky Gerung di Federasi Panjat Tebing Indonesia

Nama Rocky Gerung menjadi trending topic media sosial X (Twitter) setelah Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas pertama di Olimpiade Paris 2024 dari cabang panjat tebing.

Meski dikenal sebagai akademisi dan pengamat politik, Rocky Gerung merupakan Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) periode 2023-2027.

Dikutip dari laman fpti.or.id, jabatan Rocky Gerung adalah Wakil Ketua Bidang Panjat Tebing Alam dan Rekreasi FPTI.

Rocky Gerung dilantik sebagai pengurus FPTI pada 4 Maret 2024 di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Pada Olimpiade 2024 ini, Rocky Gerung turut mendampingi para atlet bersama sejumlah pengurus, seperti Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, dan Wakil Ketua Umum FPTI, Herry Heryawan.

Video ucapan terima kasih Rocky Gerung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga viral di berbagai platform media sosial.

Termasuk berbagai reaksi kegembiraan Rocky Gerung setelah panjat tebing membuat kontingen Indonesia pecah telur dalam raihan emas Olimpiade 2024.

Rocky Gerung berterima kasih kepada sejumlah pihak setelah Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas.

Selain kepada Jokowi, Rocky Gerung juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) hingga Komite Olahraga Indonesia (KOI) atau NOC.

"Terima kasih untuk para pendukung tim panjat tebing Indonesia dan terutama untuk mereka yang ingin membahagiakan rakyat Indonesia melalui olahraga."

"Terima kasih Pak Menpora, terima kasih Pak Jokowi, terima kasih NOC," ungkap Rocky Gerung, Kamis, dikutip dari akun TikTok @tumbuhinstitute.

Rocky Gerung mengatakan ini adalah prestasi membahagiakan Indonesia.

Ia juga menyiratkan semangat untuk kembali berprestasi di Olimpiade 2029 mendatang.

"Dan Pak Prabowo akan memelihara semangat ini sampai 2029 kita ketemu lagi di Olimpiade Los Angeles," ungkap Rocky Gerung.

Veddriq Leonardo yang merupakan atlet kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat, meraih medali emas dengan catatan waktu 4,75 detik di babak final nomor speed cabang panjat tebing di Olimpiade Paris 2024.

Raihan emas Veddriq Leonardo menjadi emas pertama kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq memastikan dirinya menjadi juara pertama setelah mengalahkan lawannya, Wu Peng, dari Cina.

Veddriq mencatatkan waktu 4,75 detik, sedangkan Wu Peng mencatatkan 4,77 detik.

Perjuangan Veddriq mendapatkan medali emas dimulai dengan mengalahkan atlet asal tuan tumah di perempat final dengan waktu 4,88 detik yang membuatnya dirinya lolos ke semi final.

Di semi final, Veddriq menuntaskan babak tersebut dengan catatan waktu 4,78 detik mengalahkan lawannya Alipour Alireza dari Iran yang hanya mencatakan waktu 4,84 detik. Hasil tersebut membuatnya dirinya melaju ke final.

Veddriq yang sempat menyamai rekor dunia tercepat milik Samuel Watson asal Amerika Serikat, menunjukkan kemampuan terbaiknya di babak akhir.

Sehingga dirinya memastikan meraih medali emas.

Ibunda Veddriq, Rosita, mengatakan putranya memiliki kepribadian kokoh dan teguh.

Sejak ia kecil tanpa mengenal seperti apa rintangan yang ia hadapi.

"Sejak kecil, Veddriq merupakan anak yang sangat gigih dan teguh pendirian. Jika ia mengatakan A, maka harus A."

"Dan setiap hari bahkan di saat ada kebakaran hutan di Kalimantan, ia tetap berlatih di bawah kabut asap yang memenuhi langit Kalimantan," ungkapnya, dikutip dari Instagram @fpti_official.

Veddriq Leonardo meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 cabang panjat tebing. Veddriq Leonardo meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 cabang panjat tebing. (Tangkap layar Instagram @ftpi_official)

(Tribunnews.com/Gilang Putranto)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #jadi #trending #topic #jabatan #rocky #gerung #federasi #panjat #tebing #indonesia

KOMENTAR