Megawati Ajak Anak Muda Peduli Budaya-Seni: Jangan Cringe
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri bersama seniman Dolorosa Sinaga di Galeri Nasional Jakarta, Kamis (8/8/2024). [Suara.com/Bagaskara]
23:48
8 Agustus 2024

Megawati Ajak Anak Muda Peduli Budaya-Seni: Jangan Cringe

Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada seluruh generasi muda untuk terus peduli terhadap budaya dan kesenian yang ada di Indonesia. Menurutnya, generasi muda boleh modern dan gunakan teknologi, namun jangan lupa akar bangsa sendiri.

Hal itu disampaikan Megawati usai melihat secara langsung pameran seni rupa patung dan aktivisme karya Dolorosa Sinaga di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).

Awalnya, Megawati mengisahkan bagaimana dirinya memiliki kekaguman dengan seluruh kesenian yang ada di Tanah Air. Rasa kecintaan dengan sebuah kebudayaan dan kesenian ini juga tumbuh di keluarganya.

"Dari dulu memang saya mengagumi, karena ndak tahu ya, saya kan pernah bilang bahwasanya di sini, ketika ada pameran Butet, saya, keluarga saya, mungkin terkenalnya hanya urusan politik."

Baca Juga: Lihat Pameran Seni Dolorosa Sinaga, Megawati Minta Dibuat Monumen Kudatuli di Kantor PDIP

"Padahal tidak (politik saja). Kami dari keluarga seniman, bapak ibu saya itu sangat mengapresiasi seniman. Dan budayawan, bukan seniman saja," kata Megawati.

Menurutnya, kekagumannya dengan karya-karya seni ini sebagai bentuk penghormatan atas ide dan gagasan para seniman dan budayawan.

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini pun mendorong kepada seluruh generasi muda yang juga sebagai penerus bangsa, untuk tidak pernah melupakan seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Megawati tak ingin generasi muda justru terlena dengan adanya kemajuan teknologi yang ada saat ini.

"Jadi memang itu, kalau dilihat, makanya adek-adek ini jangan cringe dengan budaya dan seni. Modern boleh, tapi mending kalian ada yang tahu soal budaya sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Momen Megawati Melihat Pameran Patung Dolorosa Sinaga di Galeri Nasional

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu menyampaikan bahwa tak ada yang salah anak-anak muda mengikuti perkembangan zaman. Namun, dia mengingatkan tetap perlunya ada keseimbangan.

"Makanya jangan mikir (semata-mata) kalau yang modern itu yang hebat, no. (Pemikiran begitu) bisa merusak. Jadi mesti menyeimbangi. Dan saya sangat tahu sekali bahwa modernisasi kalau juga tidak dilakukan dengan sebuah hati nurani, itu bisa menjadi daya rusak yang hebat," tuturnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #megawati #ajak #anak #muda #peduli #budaya #seni #jangan #cringe

KOMENTAR