Jelang Sidang Kabinet Perdana di IKN, Para Menteri Jokowi akan Bermalam di Hotel Nusantara
Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024). (KOMPAS.com - FIKA NURUL ULYA) 
20:13
8 Agustus 2024

Jelang Sidang Kabinet Perdana di IKN, Para Menteri Jokowi akan Bermalam di Hotel Nusantara

- Para menteri akan bermalam di Hotel Nusantara sebelum sidang Kabinet Perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 12 Agustus 2024 mendatang.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).

"Beliau para menteri rencana akan berangkat sekitar tanggal 11 Agustus lalu bermalam di Hotel Nusantara," papar Yusuf dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Yusuf membeberkan jika pihaknya mempersiapkan kebutuhan sarana prasarana hingga transportasi para menteri dan pejabat setingkat menteri yang akan hadir dalam sidang kabinet perdana tersebut.

Selain itu, ia juga menyatakan sidang kabinet perdana di IKN akan berlangsung mulai pukul 9.30 waktu setempat.

Yusuf juga menuturkan jika pihaknya masih melakukan konfirmasi terkait siapa saja menteri yang akan hadir dalam sidang kabinet perdana di IKN tersebut.

Akan tetapi, Yusuf memastikan seluruh menteri akan hadir dalam sidang kabinet perdana tersebut.

"Semua menteri hadir," tutur Yusuf kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).

Di samping itu, ia pun memamaparkan akan mengusahakan akomodasi dan tidak menutup kemungkinan para menteri akan mencoba kereta tanpa rel atau Autonomous-rail Rapid Transit (ART) di IKN.

Sementara itu, Plt Kepala Otorita IKN sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono telah memastikan kesiapan sidang kabinet perdana di IKN.

Basuki menjelaskan ruangan hingga furnitur sudah siap dari kursi hingga perlengkapan lainnya.

Akan tetapi, Basuki belum bisa memastikan sidang kabinet akan digelar di Istana Garuda atau Istana Negara di IKN.

"Akan kita siapkan dua-duanya. Di Istana Negara, kita siapkan hall-nya. Ada empat hall dan ruang sidang," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Lebih lanjut, ia juga memastikan fasilitas air dan listrik dengan melakukan pengecekan bertahap.

Sebelumnya, Basuki mengkonfirmasi sidang kabinet perdana di Istana Garuda IKN akan digelar pada 12 Agustus 2024 mendatang.

"Ya tanggal 11 beliau (Presiden Jokowi) ke sana, (tanggal) 12 direncanakan sidang kabinet di sana," ujar Basuki usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/7/2024).

Tak hanya itu, Basuki pun menyatakan jika sarana dan prasarana yang tersedia di IKN sudah terbilang cukup untuk menggelar sidang kabinet paripurna.

Ia pun menambahkan bahwa para menteri yang diundang untuk hadir dalam sidang kabinet perdana ada yang menginap di Istana maupun ada yang langsung pulang usai sidang kabinet paripurna.

(mg/Ananta Arabella Andhika Putri)

Penulis merupakan peserta magang dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #jelang #sidang #kabinet #perdana #para #menteri #jokowi #akan #bermalam #hotel #nusantara

KOMENTAR