Contoh Teks Doa 17 Agustus: Ucapan Syukur dan Harapan untuk Hut Kemerdekaan RI ke-79
Ilustrasi Upacara Bendera - Contoh Teks Doa 17 Agustus (Freepik)
21:20
2 Agustus 2024

Contoh Teks Doa 17 Agustus: Ucapan Syukur dan Harapan untuk Hut Kemerdekaan RI ke-79

Sebentar lagi rakyat Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79 pada hari Sabtu, (17/8/2024). Upacara 17 Agustus menjadi puncak peringatan HUT RI. Salah satu rangkaian dari upacara bendera pusaka yang tak tertinggal adalah pembacaan doa. Seperti apa contoh teks doa 17 Agustus yang bisa dibacakan?

HUT RI ke-79 menjadi momen penting bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebab hari tersebut merupakan peringatan perjuangan pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan Tanah Air dari tangan penjajah. Saat hari itu tiba, baik di tingkat sekolah, desa, kecamatan maupun kabupaten/kota pasti akan menggelar upacara 17 Agustus.

Khusus di tahun ini, upacara peringatan HUT RI akan dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta di Istana Kepresidenan Jakarta. Upacara di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Sementara upacara di Istana akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Tata Tertib Upacara 17 Agustus (Pixabay)Tata Tertib Upacara 17 Agustus (Pixabay)

Dalam upacara Kemerdekaan, doa menjadi penutup rangkaian upacara. Nah, biasanya doa ini berisi harapan-harapan baik bagi bangsa Indonesia dan seluruh rakyatnya. Selain itu, pembacaan doa juga sebagai bentuk rasa syukur.

Baca Juga: Kapan Link Pendaftaran Upacara 17 Agustus di Istana Dibuka? Ini Bocorannya!

Contoh Teks Doa 17 Agustus

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah contoh teks doa 17 Agustus yang bisa jadi referensi:

Contoh Doa 1

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyanyang
Di pagi hari ini, kami,
Para pemimpin dan seluruh rakyat bangsa Indonesia,
Bersimpuh, tengadahkan tangan dan persembahkan puja-puji kepada-Mu,

Kami bersyukur, atas 79 tahun kemerdekaan bangsa dan negara kami tercinta, serta anugerah yang tak terbilang dan tercurah di bumi pertiwi ini.

Baca Juga: 15 Ucapan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Untuk Grup Whatsapp atau Story Instagram

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah,
Berilah kami petunjuk agar peringatan proklamasi kemerdekaan tahun ini bisa menjadi momentum untik merekatkan kesatuan dan persatuan antar sesama.
Anugrahilah kami hati yang bersih dan pikiran yang jernih, terutama dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Ya Allah,
Negeri ini punya cita-cita, mudahkanlah dalam menggapainya
Hindarkanlah negeri kami dari bencana dan marabahaya.
Teguhkan rasa cinta dalam diri kami terhadap tanah air, tumbuh-suburkan tenggangrasa, solidaritas antar sesama, dan gotong royong dalam membangun bangsa.
Sehingga, Indonesia jadi Tangguh, Indonesia Tumbuh

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Jangan tinggalkan kami dalam kesendirian serta ketidakberdayaan.
Berilah kami petunjuk dan kekuatan untuk membawa negeri ini ke arah yang lebih baik.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun
Ampunilah semua dosa-dosa kami
Dosa orangtua dan guru-guru kami.
Ampuni para pahlawan bangsa dan para pemimpin kami.
Terimalah amal dan perjuangan para syuhada bangsa ini,
Mereka yang sudah korbankan jiwa raga, darah dan air mata dalam upaya memerdekakan Tanah Air ini,
Masukkan mereka ke surga-Mu, muliakan kedudukan mereka di sisi-Mu.

Ya Allah
Kami berharap limpahan rahmat-Mu
Kami keluasan ampunan-Mu
Kiranya Engkau mengabulkan doa hamba-hamba-Mu.

Aamiin

Contoh Doa 2

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa

Segala puji kami panjatkan atas ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang telah Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami semua di hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-79 ini,

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pemurah

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan tahun ini, berikanlah ridha-Mu yang tak terputus pada kami, untuk membawa bangsa ini jadi bangsa yang maju, unggur, dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa maju lainnya. Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan dan pemimpin kami yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan dan dosa mereka, terimalah amal baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun

Dengan sifat 'Afuwwun Ghafuur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa-dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa para pemimpin kami. Perkenankan doa kami, Ya Allah.

Contoh Doa 3

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Hamdan syakirin hamdan yuwafi ni'amahu wayukafi mazidah, ya Rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karim wa'azimi sulthonika. Allahumma shalla wa sallam ala sayyidina Muhammadin wa'ala alihi wasohbihi ajmain.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang,

Puji syukur kami persembahkan kehadirat-Mu, atas Rahmat-Mu kami bisa berkumpul di sini dalam rangka upacara Hari Kemerdekaan ke-79. Hanya Engkaulah yang senantiasa bisa memberikan kami berkah serta nikmat sehat dan bahagiaan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 17 Agustus ini sekiranya dapat memberikan kami rasa syukur karena telah diberikan kenyamanan dalam bernegara. Tidak luput kami ingin sampaikan doa setulus-tulusnya untuk mereka yang telah gugur memperjuangkan hak kami. Peristiwa yang terjadi di masa lampau, semoga dapat menjadi pelajaran bagi kami selaku generasi masa penerus bangsa.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Berikanlah kami kekuatan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai penerus bangsa. Mohon jadikanlah kami insan yang bermanfaat bagi kerabat, keluarga, juga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan peringatan kemerdekaan ini, semoga kami semua bisa merefleksi dan mengenal diri kita sendiri.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun

Ampunilah dosa-dosa kami, para pahlawan yang telah gugur mendahului kami, orang tua kami, guru-guru kami, dan semua orang di sekeliling kami.

Amin.

Itu tadi contoh teks doa 17 Agustus yang bisa jadi referensi. Semoga peringatan kemerdekaan tahun ini berjalan lancar!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #contoh #teks #agustus #ucapan #syukur #harapan #untuk #kemerdekaan

KOMENTAR