Berapa Gaji Kombes Dodi Darjanto? Polisi yang Minta Maaf Usai Tolak Diwawancarai Pakai HP China
Dirlantas Polda Sulsel Kombes Dodi berdamai usai lecehkan jurnalis SCTV Syamsuddin Tobone. (Antara)
11:12
22 Juli 2024

Berapa Gaji Kombes Dodi Darjanto? Polisi yang Minta Maaf Usai Tolak Diwawancarai Pakai HP China

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulawesi Tengah Kombes Dodi Darjanto baru-baru ini jadi perbincangan usai viral karena menolak untuk diwawancarai lantaran jurnalis menggunakan HP China. Memangnya berapa ya gaji Komebs Dodi sampai tak mau diwawancari menggunakan HP China?

Ucapan Dirlantas Polda Sulteng yang dinilai merendahkan profesi jurnalis itu lantas membuat sosoknya banyak dihujat di media sosial. Terbaru, ia pun telah menyampaikan permohonaan maafnya kepada sang jurnalis.

“Saya mohon maaf atas perkataan saya yang menyinggung jurnalis SCTV Palu,” ungkapnya, di hadapan jurnalis Kota Palu yang berkumpul di Bidhumas Polda Sulteng, seperti dikutip dari Instagram @bidhumaspoldasulteng.

Kronologi Kombes Dodi Darjanto Tolak Wawancara

Baca Juga: Dikecam Usai Tolak Diwawancarai Jurnalis Pakai HP China, Berapa Kekayaan Kombes Dodi Darjanto?

Kejadian ini berawal ketika Syamsuddin Tobone, jurnalis SCTV dan Ditlantas Polda Sulteng membuat jadwal wawancara pada pukul 08.30 WITA di Tugu Nol.

“Saya pakai seragam SCTV rapi. Setelah salam dan kenalan saya mulai merekam,” jelas Syamsuddin, dikutip dari Antara.

Kemudian, saat melakukan perekaman Syamsuddin menggunakan handphone yang membuat geram Kombes Pol Dodi Darjanto. Saat itu pula Dodi Darjanto langsung menolak untuk diwawancarai dengan mengucap kalimat yang menyinggung.

“Setelah salam dan kenalan, saya mau mulai merekam. Dia langsung berkata, ‘Kenapa merekam wawancara pakai HP? Saya tidak mau. Masa wawancara pakai HP, HP merek China lagi, suruh direkturmu belikan HP canggih,” ceplosnya.

Syamsuddin pun lalu mencoba menjelaskan bahwa ponselnya saat ini mampu menghasilkan rekaman berkualitas yang tinggi. Akan tetapI penjelasannya itu tidak diterima dengan baik oleh Kombes Pol Dodi Darjanto.

Baca Juga: Kasus Dirlantas Polda Sulteng Hina Jurnalis Pakai HP China, ISESS: Tidak Etis dan Arogan!

"Sampai anak buahnya, anggota lantas Polda, datang dan membisikkan kepada saya, bilang sudah, tidak usah dibantah,” kata Syamsuddin.

Gaji Kombes Dodi Darjanto

Kombes atau Komisaris Besar Polisi adalah tingkat ketiga Perwira Menengah (Pamen) di instituti Polri usai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan juga Komisaris Polisi (Kompol). Kombes Pol mempunyai lambang pangkat 3 melati di pundaknya.

Kombes menjadi gerbang menuju perwira tinggi atau jenderal polisi. Apabila Kombes bisa naik pangkat, maka ia berhak menyandang jabatan sebagai Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) atau jenderal bintang 1.

Anggota yang berhasil menyandang pangkat Kombes Pol termasuk barisan pejabat di Polri. Adapun di Mabes Polri, anggota yang telah memiliki pangkat Kombes dapat menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian (Kabag), Kepala Sub Direktorat (Kasubdit), Sekretaris Biro (Sesro), Wakil Direktur (Wadir), serta Kasat (Kepala Satuan).

Seperti yang diketahui, Kombes Dodi Darjanto saat ini menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulawesi Tengah. Kombes Dodi Darjanto termasuk polisi Golongan IV. Adapun Perwira Menengah atau Pamen Komisaris Besar (Kombes) menerima gaji Rp 3.240.108 - Rp 5.322.228.

Sementara itu, polisi dengan pangkat Kombes mendapat tunjangan sebesar Rp2,35 juta. Pendapatan Kombes Dodi Darjanto yang saat ini menjabat sebagai Dirlantas diperkirakan lebih dari itu.

Sementara harta kekayaan Dodi Darjanto yang terdaftar dalam LHKPN KPK periode 2023, tercatat ia memiliki satu aset tanah dan bangunan di Kota Bandung dengan harga Rp 950.000.000. Selain itu, ia juga mempunyai dua aset kendaraan jenis Toyota Hard Top Jeep serta mobil Nissan X Trail. Totalnya Rp 245.000.000 dan setara kas Rp 96.000.000. Sehingga nilai aset atau harta kekayaan Kombes Dodi sebesar Rp1.291.000.000.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Dodi Darjanto telah meminta maaf kepada rekan jurnalis. Pernyataan ini disampaikan secara langsung di hadapan sejumlah jurnalis  dan perwakilan empat organisasi pers antara lain, IJTI, AJI, PFI dan AMSI yang dimediasi oleh Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Joko Wienartono, di ruang kerjanya.

Pada saat yang bersamaan, jurnalis Sulteng itu pun telah menerima permohonan maaf Dodi Darjanto dan tidak memperpanjang masalah. Hal ini dilakukan demi menjaga hubungan kerja antara jurnalis dengan kepolisian.

Itu tadi informasi seputar gaji Kombes Dodi Darjanto. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #berapa #gaji #kombes #dodi #darjanto #polisi #yang #minta #maaf #usai #tolak #diwawancarai #pakai #china

KOMENTAR