Serba-Serbi Kartu Prakerja Gelombang 71, Simak Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar untuk Dapat Insentif
ilustrasi serba serbi mendaftar kartu prakerja gelombang 71 (freepik)
22:36
17 Juli 2024

Serba-Serbi Kartu Prakerja Gelombang 71, Simak Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar untuk Dapat Insentif

Belum lolos seleksi Prakerja? Tak perlu risau karena masih ada gelombang berikutnya yang bisa kamu ikuti. Seperti yang telah diketahui, bahwa pendaftaran Prakerja Gelombang 70 telah ditutup. Saat ini, banyak masyarakat yang menantikan pendaftaran Prakerja Gelombang 71. Hingga beredar kabar bahwa pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 71 akan segera dibuka.

Lantas, seperti apa jadwal, syarat, cara daftar, dan besar bantuan Program Kartu Prakerja Gelombang 71? Jangan sampai ketinggalan informasinya, simak ulasan di bawah ini sampai akhir! 

Program Kartu Prakerja Gelombang 71

Kartu Prakerja Gelombang 71 akan menyediakan berbagai jenis pelatihan, antara lain adalah Webinar (Online), Luring (Offline), dan Self-Paced Learning.

Baca Juga: Cara Cek Kartu Prakerja Gelombang 70 Lolos atau Tidak, Lengkap dengan Link!

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan insentif Kartu Prakerja Gelombang 71, setiap peserta harus menyelesaikan pelatihan yang telah dipilih, memberi rating dan ulasan terhadap pelatihan tersebut, dan menjawab 2 survei evaluasi di dashboard Prakerja. 

Jadwal Prakerja Gelombang 71

Berdasarkan pola pendaftaran sebelumnya, Kartu Prakerja biasanya akan membuka pendaftaran setiap Jumat. Itu artinya, dapat diperkirakan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 71 akan dibuka pada Jumat, 19 Juli 2024 mendatang. 

Tapi perlu diingat, bahwa jadwal ini belum pasti dan masih bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan kamu selalu memantau informasi resmi terbaru di website Prakerja (https://dashboard.prakerja.go.id/daftar) dan media sosial resmi Prakerja, ya! 

Syarat Pendaftaran Prakerja Gelombang 71

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Cairkan Uang Prakerja Ke Rekening BRI

Berikut ini adalah syarat daftar Prakerja Gelombang 71 yang wajib diperhatikan:

1. Pelamar harus Warga Negara Indonesia (WNI). 

2. Usia minimal pelamar 18 tahun, maksimal berusia 64 tahun. 

3. Pelamar tidak sedang menempuh pendidikan formal apapun. 

4. Pelamar bukan merupakan abdi negara atau aparatur sipil negara. 

5. Pelamar merupakan pekerja, buruh, UMKM yang membutuhkan peningkatan kompetensi dan skill. 

6. Pelamar harus mempunyai akun Kartu Prakerja. 

Cara Daftar Prakerja Gelombang 71

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 71 akan dilaksanakan secara online melalui website resmi Prakerja (https://dashboard.prakerja.go.id/daftar). Berikut ini adalah tata cara lengkap mendaftarnya:

- Langkah pertama, silakan buat akun Prakerja dengan cara buka website https://dashboard.prakerja.go.id/daftar dan klik “Daftar Sekarang”. Lalu, silakan masukkan data diri seperti email, NIK, nomor KK, nomor HP, dan password.

- Langkah kedua adalah verifikasi data. Lakukan verifikasi email dan nomor HP yang telah kamu isi sebelumnya.

- Langkah ketiga, ikuti tes kemampuan dasar yang telah disediakan.

- Langkah keempat, gabung gelombang dengan cara pilih gelombang yang tersedia lalu klik “Gabung Gelombang”.

- Terakhir, kamu harus menunggu pengumuman hasil seleksi melalui dashboard Prakerja atau email.

Jika kamu lolos seleksi, maka nantinya kamu akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp3,5 juta. Pastikan kamu memilih pelatihan yang kamu inginkan melalui platform digital Prakerja dan lakukan pembayaran dengan nomor Kartu Prakerja.

Setelah itu, kamu harus mengikuti pelatihan yang kamu pilih dan selesaikan semua tugas dan ujian. Begitu sudah menyelesaikan pelatihan, jangan lupa berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan tersebut melalui dashboard Prakerja.

Besar Bantuan Prakerja Gelombang 71

Kira-kira, berapa besar bantuan yang akan diterima setiap peserta Prakerja? Nantinya kamu akan menerima insentif sebesar Rp 600.000 setelah berhasil menyelesaikan pelatihan. Selain itu, kamu juga berhak menerima R p50.000 per survei untuk 2 survei evaluasi.

Ayo bersiap! Pantau terus informasi seputar program Kartu Prakerja Gelombang 71, dan semoga kamu berhasil lolos seleksi!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #serba #serbi #kartu #prakerja #gelombang #simak #jadwal #syarat #cara #daftar #untuk #dapat #insentif

KOMENTAR