Doyan Ke Jakarta, Gibran Disebut Lagi 'Blusukan Plus-plus'
Raffi Ahmad dampingi Gibran Rakabuming blusukan di Jakarta. (Instagram)
15:36
11 Juli 2024

Doyan Ke Jakarta, Gibran Disebut Lagi 'Blusukan Plus-plus'

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Adi Prayitno menyebut, kegiatan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka di Jakarta tak hanya sekadar melakukan blusukan biasa. Ia menyebut ada motif lain di balik kegiatan itu.

"Soal Gibran blusukan itu saya kira blusukan plus-plus," ujar Adi kepada , Kamis (11/7/2024).

Ia mengakui, ada anggapan Gibran blusukan dengan tujuan belanja masalah menjelang pelantikan sebagai wapres. Tujuannya agar nanti ketika sudah menjabat, maka bisa segera membahas persoalan di berbagai daerah termasuk Jakarta.

"Jadi ini semacam persiapan sebelum dilantik jadi Wakil Presiden Gibran itu sudah melakukan kerja-kerja politik blusukan ke berbagai daerah salah satunya di Jakarta, sebelumnya di Surabaya ya," jelasnya.

Baca Juga: Heru Budi Ungkap Masalah yang Mau Diselesaikan Gibran di Jakarta, Kampung Kumuh Bakal Dipoles

Namun, ia menyebut publik juga menilai adanya motif politik atas blusukan ini. Putra Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini sedang berupaya memberikan endorsement kepada salah satu Cagub nantinya.

Potensi terbesarnya adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep yang merupakan adik Gibran. Kaesang dikabarkan kuat ingin maju Pilkada DKI meski belum ada keputusan resmi.

"Publik tidak bisa menutup mata bahwa blusukan Gibran ini seakan-akan memang dikaitkan dengan soal kemungkinannya meng-endorse salah satu calon gubernur yang ada di Jakarta yang dikaitkan dengan Kaesang gitu ya," katanya.

Lewat blusukan ini, Gibran disebutnya ingin menunjukkan dirinya tak hanya sekadar peduli dengan warga Jakarta saja. Gibran juga menyampaikan pesan kepada warga Jakarta mengenai dukungan politik pada salah satu kandidat nantinya.

"Jadi siapapun nanti yang akan diusung oleh KIM Maka faktor Gibran ya, pengaruh Gibran sebagai sosok yang terpilih sebagai wakil presiden adalah sosok yang dinilai punya faedah politik electoral. Kan gitu sebenarnya," tambah dia.

Baca Juga: Usai Raffi Ahmad 'Tempel' Gibran, Nagita Slavina Ujug-ujug Ditawari Kursi Cawagub buat Bobby Nasution

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #doyan #jakarta #gibran #disebut #lagi #blusukan #plus #plus

KOMENTAR