Divonis 10 Tahun Bui, SYL Wajib Bayar Uang Pengganti Rp 14,1 M Dalam Waktu Sebulan
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tak terima dituntut 12 tahun penjara. (Suara.com/Dea)
13:52
11 Juli 2024

Divonis 10 Tahun Bui, SYL Wajib Bayar Uang Pengganti Rp 14,1 M Dalam Waktu Sebulan

Setelah menjalani persidangan yang cukup panjang, akhirnya mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) divonis oleh majelis hakim Tipikor Jakarta pada Kamis (11/7/2024). Oleh hakim, SYL dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 300 juta.

Vonis itu diketahui lebih ringan dari tuntuan jaksa. Di mana dalam sidang sebelumnya, jaksa menuntut SYL dihukum dengan hukuman penjara selama 12 tahun.

Selain divonis 10 tahun penjara, SYL juga dijatuhi hukuman membayar uang pengganti sebesar Rp 14,1 miliar ditambah USD30 ribu dalam waktu satu bulan.

SYL dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah dalam kasus gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Breaking News! Eks Mentan SYL Divonis 10 Tahun Penjara dan Didenda Segini

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Syahrul Yasin Limpo dengan pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp 300 juta subsider kurungan empat bulan," kata Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Khusus untuk hukuman membayar uang pengganti, apabila tidak dibayar maka harta benda SYL akan disita. Dan jika tidak cukup, maka akan dipidana 2 tahun.

Sebelumnya, dalam sidang tuntutan, jaksa KPK menuntut SYL dengan hukuman pidana penjara selama 12 tahun.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Syahrul Yasin Limpo berupa pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan,” kata jaksa Meyer Simanjuntak di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Jaksa juga menuntut agar SYL dijatuhi pidana denda sebesar Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan penjara.

Baca Juga: Dituntut 12 Tahun Bui, Sidang Putusan Eks Mentan SYL Digelar Hari Ini

“Membebankan kepada terdakwa Syahrul Yasin Limpo untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 44.269.777.204 dan USD 30 ribu subsider 4 tahun penjara,” kata jaksa Meyer.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #divonis #tahun #wajib #bayar #uang #pengganti #dalam #waktu #sebulan

KOMENTAR