Profil Rano Karno, Karier Politiknya Moncer hingga Jadi Gubernur dan Elite PDIP
Rano Karno. [Dok. Instagram Rano Karno]
11:12
11 Juli 2024

Profil Rano Karno, Karier Politiknya Moncer hingga Jadi Gubernur dan Elite PDIP

Rano Karno baru saja mendapat jabatan baru di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDPI). Aktor kawakan yang dikenal dengan "Si Doel Anak Betawi" itu diamanahkan menjadi Ketua DPP PDIP Bidang kebudayaan dengan divisi Advokasi Rakyat.

Pelantikan Rano Karno sebagai pengurus DPP PDIP bersamaan dengan pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PDIP Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Jumat (5/7/2024) lalu.

Lantas siapa Rano Karno dan bagaimana sepak terjangnya di politik? Berikut ulasannya.

Rano Karno sudah terjun ke panggung ke politik sejak tahun 2002 silam. Dirangkum dari berbagai sumber, aktor berdarah Minang dan Betawi itu memulai langkah politiknya dengan menjadi anggota MPR Fraksi Utusan Golongan Perwakilan Artis.

Baca Juga: Karier Mentereng Nabila Yustino, Kisah Pilu Keponakan Rano Karno Ditinggal Keluarga Satu-persatu Lagi Viral

Rano Karno menduduki jabatan itu sampai tahun 2007. Selain itu, selama jadi anggota MPR itu, Rano Karno juga menjabat sebagai duta khusus United Nations Children’s atau UNICEF dalam bidang pendidikan.

Setelah itu, Rano Karno terpilih menjadi Wakil Bupati Tangerang bersama Bupati Ismet Iskandar untuk periode 2008-2013.

Saat jabatannya belum berakhir, Rano Karno dipinang menjadi Calon Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah. Ia beruntung dan jadi Wagub Banten periode 2012-2017. Sayangnnya, di tahun 2015, Ratu Atut tersandung kasus suap sengketa Pilkada di MK.

Untungnya kembali diperoleh Rano Karno. Dia menggantikan posisi jabatan Ratu Atut sebagai Gubernur Banten. Setelah itu, pada Pileg 2019, Rano Karno mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dapil Banten III dan berhasil lolos ke Senayan. Kemudian, pada Pileg 2024 lalu, ia kembali terpilih dan siap-siap dilantik lagi jadi Anggota DPR RI.

Profil Rano Karno

Baca Juga: Profil Nabila Yoestino, Keponakan Rano Karno yang Viral karena Satu per Satu Keluarganya Meninggal

Rano Karno merupakan putra ketiga dari 6 bersaudara dari pasangan Soekarno M. Noor dan Lily Istiarti. Ia lahir pada 8 oktober 1960 di Jakarta. Ayahnya merupakan keturunan Minang dan ibunya Jawa.

Sejak kecil Rano Karno selalu di Jakarta. Ia memulai pendidikan di SD dan SMP Strada Van Lith, SMA Negeri 6 Jakarta, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara.

Aktor Rano Karno saat menghadiri gelaran Festival Film Indonesia di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]Aktor Rano Karno saat menghadiri gelaran Festival Film Indonesia di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Darah seni terutama seni peran yang didapatkan oleh Rano Karno berasal dari ayahnya yang saat itu menjadi aktor ternama di Indonesia. Film pertama Rano Karno adalah film Sang ayah yang berjudul Lewat Tengah Malam. Rano Karno bermain dalam film tersebut saat usianya baru menginjak 9 tahun.

Nama Rano Karno melejit saat membintangi serial "Si Doel Anak Betawi" tahun 1972. Karirnya makin cemerlang saat berperan dalam film Gita Cinta dari SMA pada 1979. Setelah itu, Rano Karno memperdalam ilmu seni perannya dengan pergi ke Amerika Serikat tepatnya di cting Course Hollywood, Los Angeles.

Rano Karno berhasil menyabet berbagai penghargaan dalam seni peran. Mulai dari Bintang Pria Terfavorit Panasonic Award 1997, nominasi Aktor Film dari Festival Film Indonesia atau FFI 1984, dan nominasi Penulis Skenario Terbaik Vidia Award 2011. Nah, itulah profil singkat dan perjalanan politik Rano Karno.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #profil #rano #karno #karier #politiknya #moncer #hingga #jadi #gubernur #elite #pdip

KOMENTAR