Profil Joko Priyambodo, Menantu Anwar Usman Jadi Direktur Anak Perusahaan Pertamina
Joko Priyambodo - Profil dan Pendidikan Joko Priyambodo, Menantu Anwar Usman Jadi Direktur [Dok Patra Logistik]
15:24
9 Juni 2024

Profil Joko Priyambodo, Menantu Anwar Usman Jadi Direktur Anak Perusahaan Pertamina

Menantu Anwar Usman yang juga merupakan lingkaran keluarga Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Joko Priyambodo kini menjadi sorotan setelah menduduki jabatan sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik (anak perusahaan PT Pertamina).

Joko Priyambodo resmi menduduki jabatan strategis tersebut terhitung sejak 20 Mei 2024.

Adapun  pengukuhan Joko sebagai Direktur tersebut sempat dipublikasikan dalam laman resmi serta akun X PT Pertamina (Persero).

Sebagai informasi, perubahan posisi direksi baru terjadi di tiga anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga. Diantaranya yaitu PT Patra Logistik posisi Direktur Utama yang dijabat oleh Tri Yudha Nurmansyah, serta Direktur Pemasaran & Operasi yang dijabat oleh rekan keluarga Jokowi, Joko Priyambodo, dan PT Pertamina Petrochemical Trading posisi Direktur Utama yang diduduki oleh Oos Kosasih, jabatan Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants dijabat oleh Dwi Puja Ariestya.

Baca Juga: 5 Potret Rumah Menteri di IKN Rp14 Miliar, Pantas Jokowi Ngaku Tidur Nyenyak

Lantas, seperti apakah profil dan pendidikan Joko Priyambodo, menantu Anwar Usman jadi Direktur di anak perusahaan Pertamina? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil dan Pendidikan Joko Priyambodo

Joko Priyambodo diketahui merupakan keponakan Jokowi sekaligus menantu anggota Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Anwar Usman sendiri diketahui menikahi putri dari adik kandung Jokowi yakni Idayati.

Melansir dari situs resmi PT Pertamina Patra Logistik, Joko Priyambodo tercatat sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi perusahaan.

Baca Juga: Dua Menteri Sebut Tapera Tergesa-gesa, Pengamat: Ambisi Pribadi Jokowi Sudah Kelihatan

Patra Logistik sendiri adalah anak usaha PT Pertamina Patra Niaga. Patra Logistik bergerak di bidang usaha hilir migas yang berfokus pada kegiatan penyedia jasa logistik dan support jasa logistik lainnya.

Berdasarkan pantauan Suara.com, saat ini tak begitu banyak informasi yang bisa didapatkan dari Joko Priyambodo termasuk riwayat pendidikannya.

Hal tersebut dipersulit karena akun LinkedIn Joko juga sudah dihapus dan akun resmi X Patra juga diprivasikan.

Namun, melalui keterangan resmi Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, disebutkan bahwa Joko Priyambodo diangkat menjadi direktur sejak 20 Mei 2024.

Irto menegaskan bahwa pengangkatan Joko Priyambodo menjadi direktur sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Joko juga diketahui mempunyai riwayat yang gemilang di Pertamina.

"Selama bekerja di Pertamina, yang bersangkutan juga menunjukkan kinerja yang cemerlang dan pernah beberapa kali mendapat penghargaan dari perusahaan sehingga masuk dalam list Top Talent Management Pertamina Group," tutur Irto.

Diketahui, Joko sudah bergabung di Pertamina sejak tahun 2016 silam dan sudah pernah dipercaya untuk menempati sejumlah posisi strategis antara lain yaitu:

  • Stakeholder Relations Management PT Pertamina (Persero)
  • Board of Director Office PT Pertamina (Persero)
  • Sales Branch Manager Yogyakarta
  • Sales Area Manager Banten
  • Di bidang logistik memiliki pengalaman di PT Pertamina International Shipping.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #joko #priyambodo #menantu #anwar #usman #jadi #direktur #anak #perusahaan #pertamina

KOMENTAR