Jakarta Fair Dimulai 12 Juni, Transjakarta Sediakan Empat Rute ke JIExpo
Pesta kembang api meriahkan penutupan Jakarta Fair di JIExpo Kemayoran, Jakarta. [ANTARA]
15:44
7 Juni 2024

Jakarta Fair Dimulai 12 Juni, Transjakarta Sediakan Empat Rute ke JIExpo

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal menyediakan empat rute untuk menuju arena Jakarta Fair Kemayoran (JFK). Layanan ini bisa mengantar pelanggan yang ingin ke JFK langsung ke Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran.

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, Wibowo mengatakan ada empat rute yang disediakan Transjakarta menuju Jakarta Fair Kemayoran antara lain Balaikota - JIEXPO Kemayoran (2C), Cililitan - JIEXPO Kemayoran (PRJ 1), Kampung Melayu - JIEXPO Kemayoran (PRJ 2), dan Pulogadung - JIEXPO Kemayoran (PRJ 3).

"Jakarta Fair Kemayoran kembali menemani perayaan HUT Ke-497 Jakarta yang berlangsung selama 33 hari mulai dari 12 Juni hingga 14 Juli 2024 bisa diakses warga dengan layanan Transjakarta," ujar Wibowo kepada wartawan, Kamis (7/6/2024).

Keempat rute Transjakarta ini akan beroperasi setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 15.00 WIB hingga 24.00. Di akhir pekan untuk Sabtu-Minggu, layanan akan tersedia mulai pukul 09.00 WIB - 24.00 WIB.

Baca Juga: Cara Mengecek Jadwal Transjakarta dan JakLingko di Google Maps

Khusus untuk 16 Juni 2024 dan 18 Juni 2024, empat rute Transjakarta menuju Jakarta Fair Kemayoran akan beroperasi mulai pukul 09.00 WIB - 24.00 WIB. Sedangkan 17 Juni 2024 melayani pukul 14.00 WIB - 24.00 WIB.

Sebelumnya, Direktur Marketing PT Jakarta International Expo, Ralph Scheunemann, mengatakan pada gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2023, angka transaksi berhasil menyentuh 7,3 triliun. Untuk tahun ini, ia berharap raihan tersebut bisa dilampaui.

"Tapi yang paling penting bisa saya katakan bahwa dari tahun ke tahun (angka transaksi) selalu meningkat," ujar Ralph dalam konferensi pers di JIExpo, Kamis (6/6/2024).

Ralph meyakini angka transaksi tahun ini akan lebih tinggi karena tren penjualan otomotif yang makin meningkat. Pada gelaran kali ini, minat produsen yang ingin menjual kendaraan di Jakarta Fair sampai membludak.

"Dulu mereka (perusahaan otomotif) melihat Jakarta Fair bukan marketnya atau market-market mobil yang Rp200 juta ke bawah, tapi sekarang berbeda," tuturnya.

Baca Juga: Ogah Ditilang Usai Terobos Jalur Transjakarta, Seorang Pria Buang Surat Cinta Polisi dan Ngaku Punya Bekingan di Polda

Karena itu, dengan ramainya stan-stan lain serta antusias masyarakat, ia meyakini angka transaksi akan menyentuh lebih dari Rp7,5 triliun.

"Kalau target tahun ini kita lewati Rp7,5 trilun. Saya yakin sekali dan kontribusi besar karena multiplier effect besar ini Rp7,5 hanya angka yang bisa kita hitung," jelasnya.

Lebih lanjut, Ralph menyebut sebagai ajang arena pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fair Kemayoran akan digelar dengan nuansa baru dan sajian acara yang lebih menarik dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2024 kali ini mengambil tema “Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Bersaing di Pasar Dunia”. Dengan Sub Tema “Galakkan Inovasi, Industrialisasi, dan Kreativitas Maksimal”.

Ia menyebut Jakarta Fair Kemayoran 2024 bakal diikuti 2.550 peserta yang mengikuti pameran multiproduk.

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.550 stan yang memamerkan berbagai produk. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, dan kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru
tanah air.

"Dengan komposisi presentase peserta yakni 60 perse dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM," ucapnya.

Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2024 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, gadget, komputer, alat olah raga, fashion and garment, perlengkapan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal and medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

Beberapa titik area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk I yang mengusung konsep pasar malam modern dengan berisikan beraneka macam sajian kuliner lokal dan mancanegara.

Lalu terdapat juga area Kuliner yang menjajakan berbagai macam kuliner khas nusantara yang berlokasi di Area Belakang Hall D dan juga sajian kuliner khas Betawi serta berbagai stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran.

"Pihak panitia penyelenggera akan menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas
penyelenggaraan event ini," lanjut Ralph.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #jakarta #fair #dimulai #juni #transjakarta #sediakan #empat #rute #jiexpo

KOMENTAR