Periksa Pengacara hingga Mahasiswi, KPK Sebut Para Saksi Masih Kerabat Harun Masiku
Buronan KPK Harun Masiku. (Ist)
20:12
4 Juni 2024

Periksa Pengacara hingga Mahasiswi, KPK Sebut Para Saksi Masih Kerabat Harun Masiku

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah memeriksa beberapa pihak soal keberadaan mantan Caleg dari PDI Perjuangan, Harun Masiku yang kini masih buron. Para saksi yang diperiksa terkait Harun Masiku berstatus pengacara hingga mahasiswa. 

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan alasan para saksi itu diperiksa karena masih memiiki ikatan keluarga dengan Harun Masiku.

“Kemarin diperiksa betul ada pengacara kemudian mahasiswa, itu ketiganya memang ada hubungan kekerabatan,” kata Ali, saat di KPK, Selasa (4/6/2024).

Menurutnya, para saksi yang diperiksa itu dianggap mengetahui soal dugaan orang-orang yang melindungi Harun Masiku selama buron. 

Baca Juga: Usai Polda Metro Jaya, Kini Giliran KPK yang Bakal Panggil Hasto Kristiyanto soal Harun Masiku

“Kemudian informasi yang didalami lebih jauh hampir semuanya sama terkait informasi yang KPK terima mengenai keberadaan Harun Masiku yang diduga ada pihak yang mengamankan begitu ya. Sehingga, terus kita mendalami lebih jauh,” jelasnya.

Ali mengatakan, pihaknya bakal menyampaikan jika ada pihak lain yang bakal diperiksa terkait keberadaan Harun Masiku.

Namun, lanjut Ali, berdasarkan informasi dari pihak penyidik, bakal ada pihak lain yang bakal dipanggil.

“Informasi dari teman-teman penyidik memang ada sangat kemungkinan pihak lain nanti yang bisa dipanggil sebagai saksi dalam perkara ini dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

KPK Segera Periksa Hasto PDIP

Baca Juga: Usut Orang-orang yang Bantu Harun Masiku Buron, Mahasiswi Bernama Melita Ikut Diperiksa KPK

KPK sebelumnya bakal memanggil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto terkait kasus suap buronan Harun Masiku. Agenda pemeriksaan terhadap Hasto telah dijadwalkan oleh KPK pada pekan depan.

“Informasi dari teman teman penyidik, yang bersangkutan dimungkinkan di minggu depan akan dipanggilnya ya,” kata Ali.

Namun, Ali tidak merinci soal jadwal pemanggilan Hasto. Ali juga belum dapat memastikan apakah surat pemanggilan Hasto telah dilayangkan atau belum.

“Kami belum mengonfirmasi kembali waktunya dan apakah surat panggilan akan sudah dilayangkan apa belum, tapi sudah diagendakan,” jelas Ali Fikri.

Sebelumnya, KPK kembali membuka lembaran kasus suap Harun Masiku yang kini telah buron selama empat tahun. Belakangan KPK juga telah memeriksa beberapa orang saksi terkait Harun Masiku.

Adapun dua saksi yang belum lama ini diperiksa KPK terkait Harun Masiku merupakan seorang pengacara bernama Simon Petrus, dan mahasiswa bernama Hugo Ganda.

Harun Masiku diketahui merupakan buronan kasus pengurusan PAW DPR. Harun Masiku sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah melakukan suap kepada Wahyu Setiawan yang saat itu menjabat Komisioner KPU.

Wahyu sendiri telh divonis bersalah lantaran terbukti menerima suap sebesar Rp600 juta terkait pengurusan PAW. Wahyu divonis dan telah dihatuhi selama 7 tahun penjara sejak 2021 silam.

Namun, pada 6 Oktober 2023 Wahyu dinyatakan bebas bersyarat. Sementara Hasto juga pernah diperiksa dalam kasus ini pada 2020 silam.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #periksa #pengacara #hingga #mahasiswi #sebut #para #saksi #masih #kerabat #harun #masiku

KOMENTAR