Putra Nababan
Putra Nababan [Instagram/@putranababan74]
18:20
4 Juni 2024

Putra Nababan

Nama Putra Nababan sudah tidak asing lagi di dunia jurnalistik. Dia merupakan mantan wartawan.

Kariernya cukup mentereng saat menjadi wartawan. Hingga akhirnya dia memilih untuk banting setir ke dunia politik dengan bargabung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Profil Putra Nababan

Putra Nababan lahir di Jakarta pada 28 Juli 1974. Dia merupakan anak dari mantan wartawan yang juga politikus PDIP Panda Nababan.

Baca Juga: Telak-telak Sudah Dilepeh, Bobby Nasution Tetap Ngarep Dukungan PDIP di Pilkada Sumut

Masa kecilnya dihabiskan di tempat kelahirannya. Dia sekolah di SD PSKD, Depok pada 1980-1986. Setelah lulus, Putra Nababan melanjutkan pendidikannya SMP Tarakanita I, Jakarta tahun 1986-1989.

Dia kemudian meneruskan sekolahnya di Amerika Serikat. Putra Nababan menempuh pendidikan SMA di West High School IOWA AS pada Tahun 1989-1990. Setelah itu melanjutkan pendidikan sarjana di Bachelor Of Arts, Midland Lutheran College, Nebraska, AS Tahun 1990-1994.

Karier Jurnalistik

Rekam jejak Putra Nababan di dunia jurnalistik cukup memesona. Karier profesionalnya dimulai sejak 1992, dengan bergabung bersama YAKOMA Mass-communication-firm.

Dua tahun berselang, Putra Nababan pindah ke Majalah Forum Keadilan sebagai reporter hingga 1995. Dia lantas hijrah ke Surat Kabar Rakyat Merdeka.

Baca Juga: Sekjen PDIP Diperiksa Polisi Ditanya 4 Pertanyaan, Bantah Pasal Kolonial Belanda dan Sebut Produk Jurnalistik

Putra Nababan cukup lama di Surat Kabar Rakyat Merdeka hingga 2001. Dia juga pernah menempati posisi apik sebagai managing editor.

Pada 2001, Putra Nababan memilih untuk bergabung dengan Metro TV menjadi presenter. Kariernya kemudian naik kelas menjadi Chief Reporter pada 2004.

Dia juga pernah menjadi Deputy Chief Editor dan News Anchor di RCTI pada 2004 hingga 2012. Pada periode tersebut, Putra Nababan pernah ditugasi menjadi host program POLEMIK di Trijaya Radio.

Tahun 2012, Putra Nababan kembali ke Metro TV dengan menduduki posisi Editor in Chief of MetroTV, News Anchor, Editor in Chief of metrotvnews.com, CEO of metrotvnews.com, hingga Advisor to CEO MetroTV.

Karier Politik

Karier politik Putra Nababan mulai menanjak kala dia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 Fraksi PDIP. Dia terpilih dari daerah pemilihan Jakarta I.

Dia menduduki komisi X yang membidangi Pendidikan, Olahraga dan Sejarah.

Kehidupan Pribadi

Putra Nababan menikah dengan putri mendiang Sabam Sirait, Mira Maria Melati Sirait pada 2004. Keduanya memiliki 2 orang anak yakni Gabriel Indonesia Prinz Nababan dan Aubriel Mutiara Aza Nababan.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #putra #nababan

KOMENTAR