Jokowi Letakan Batu Pertama Masjid Negara di IKN, Bisa Tampung 61 Ribu Jemaah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berpidato di lokasi peletakan batu pertama Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
15:12
17 Januari 2024

Jokowi Letakan Batu Pertama Masjid Negara di IKN, Bisa Tampung 61 Ribu Jemaah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Jokowi berharap masjid tersebut dapat merepresentasikan kemajemukan yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Saya berharap Masjid Negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan, aktivitas sosial lainnya, dan menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara kita,” kata Jokowi.

Masjid Negara bisa menampung hingga 61 ribu jemaah. Pembangunan masjid diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 940 miliar.

Fantastik! Pendukung Anies Baswedan Kumpulkan Rp200 Juta dalam Penggalangan Termin 1

Nantinya, masjid tersebut akan dikelilingi air serta embung buatan.

Jokowi meyakini Masjid Negara di IKN akan menampilkan keindahan dan ciri khas tersendiri.

“Saya ingin Masjid Negara yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan, Masjid Negara di IKN akan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti jalan dan jembatan.

Pembangunan masjid tersebut akan dilakukan selama 400 hari kalender dan ditargetkan selesai pada akhir 2024.

“Insyaallah bisa selesai,” tutur Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memukul bedug sebagai simbol dimulainya pembangunan Masjid Negara  di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Joko Widodo atau Jokowi memukul bedug sebagai simbol dimulainya pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bukan hanya Masjid Negara, Jokowi menyebut akan ada sejumlah tempat ibadah lainnya mulai dari gereja, vihara, pura hingga kelenteng yang dibangun di kawasan tersebut.

“Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” ungkapnya.

Turut mendampingi Jokowi dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Lalu ada pula Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #jokowi #letakan #batu #pertama #masjid #negara #bisa #tampung #ribu #jemaah

KOMENTAR