Dua Hari Dikejar di Hutan, Pemburu Badak Jawa Berhasil Ditangkap Tim K9 Polisi Satwa
Mabes Polri melinatkan 34 anjing K-9 untuk pengamanan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. (Istimewa)
13:48
17 Mei 2024

Dua Hari Dikejar di Hutan, Pemburu Badak Jawa Berhasil Ditangkap Tim K9 Polisi Satwa

– Perburuan terhadap badak jawa berhasil digagalkan. Tim K9 Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri menangkap seorang pemburu badak jawa di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Rabu (15/5) sore. Dalam pengejaran selama dua hari di hutan, pemburu berinisial AD, 29, ditangkap. Petugas juga menyita tujuh pucuk senapan locok.

Kepala Tim K9 Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri Ipda Sutarno menjelaskan, awalnya diketahui terdapat jejak pemburu di kawasan hutan lindung pada Selasa (14/5). Tim gabungan lalu melakukan pengejaran. Tim itu terdiri atas petugas dari Ditpolsatwa, Brimob Polda Banten, dan polisi hutan.

Pengejaran dilakukan selama dua hari. Petugas yang membawa anjing pelacak K9 menyusuri hutan untuk mendeteksi keberadaan pemburu. ”Bahkan, kami bermalam di hutan lindung Taman Nasional Ujung Kulon agar tidak kehilangan jejak,” urainya. Hal itu dilakukan karena pemburu melakukan perjalanan yang cukup jauh di dalam hutan.

Pada Rabu (15/5) sore, petugas dan anjing pelacak mendeteksi tempat persembunyian pemburu tersebut. Dia mengatakan, AD ditangkap di sebuah saung di tengah hutan. ”AD ini asalnya dari Pandeglang,” ungkapnya.

Dari tangan AD didapatkan tujuh senapan locok. Senapan locok merupakan senjata api yang penggunaannya diisi dengan mesiu, timah bulat dimasukkan ke moncong senjata. Senjata lawas itu kini sering digunakan untuk berburu hewan. ”AD ini salah satu pemburu, masih ada yang lain,” jelasnya dalam keterangan tertulis kemarin. Karena itu, petugas akan mendalami pengakuan AD untuk mengejar pelaku lain.

Perburuan badak jawa memang masih marak. Pada April lalu, Polda Banten menangkap dua orang dalam kasus perburuan badak jawa. Keduanya bernama Yogi dan Liem Hoo Kwan Willy alias Willy. Dari keduanya, disita sejumlah cula badak jawa. Harga satu cula badak jawa antara Rp 200 juta hingga Rp 300 juta. (idr/c17/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hari #dikejar #hutan #pemburu #badak #jawa #berhasil #ditangkap #polisi #satwa

KOMENTAR