Jokowi Segera Tinjau Daerah Terdampak Lahar Dingin di Sumbar
MAKAN KORBAN JIWA: Sejumlah rumah di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam diterjang galodo, sekitar pukul 23.00 WIB, Sabtu (11/5) . (SY RIDWAN/PADEK)
10:08
15 Mei 2024

Jokowi Segera Tinjau Daerah Terdampak Lahar Dingin di Sumbar

- Presiden Joko Widodo berkeinginan meninjau langsung daerah terdampak bencana banjir lahar dingin di Sumbar. Namun, kunjungan itu perlu dijadwalkan mengingat kondisi infrastruktur, termasuk beberapa jalan yang terdampak longsor. ”Nanti kalau waktunya sudah ketemu, saya akan berkunjung ke Sumatera Barat dalam rangka memberikan bantuan dan memberikan solusi bagi yang terdampak,” katanya kemarin.

Saat ini presiden telah memerintahkan kepala BNPB untuk mengoordinasikan upaya bantuan dan pemulihan. ”Saya mengikuti terus dengan saksama perkembangan banjir yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, dalam 1–2 hari ke depan, dirinya akan mengunjungi lokasi bencana tersebut. Dia memastikan bahwa saat ini BNPB dan Basarnas sudah berkoordinasi dengan gubernur Sumatera Barat terkait penanganan pascabencana.

”Saya juga belum ada satu bulan habis ke sana untuk memantau, meninjau banjir bandang, terutama di pesisir selatan,” ujarnya ditemui seusai memimpin rapat tingkat menteri (RTM) persiapan PON XXI.

Dia menyatakan, bencana yang terjadi Sabtu pekan lalu itu memang jauh lebih parah dibandingkan sebelum-sebelumnya. Korbannya juga lebih banyak.

Pemerintah, lanjut dia, sudah gerak cepat. Termasuk menyiapkan solusi permanen dalam mengatasi bencana. Terutama lahar dingin dari Gunung Marapi. Sebetulnya, kata dia, bencana itu sudah bisa diprediksi. Setelah erupsi, pasti banjir. (lyn/mia/c19/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jokowi #segera #tinjau #daerah #terdampak #lahar #dingin #sumbar

KOMENTAR