Siap Usung Di Pilkada DKI, PDIP Persilakan Anies Daftar Ke DPD
Anies Baswedan di rumahnya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024). [Suara.com/Rakha]
17:12
8 Mei 2024

Siap Usung Di Pilkada DKI, PDIP Persilakan Anies Daftar Ke DPD

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta tak menutup peluang mengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI 2024. Jika Anies mau, maka boleh saja mendaftar lewat penjaringan terbuka yang sudah dibuka.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DPD PDIP DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Gilbert menyebut penjaringan nama-nama Cagub DKI yang dilakukan pihaknya terbuka untuk umum.

Jika berminat, Anies bisa datang langsung ke kantor DPD PDIP di Cakung, Jakarta Timur.

"Kalau memang Bung Anies berniat maju lewat PDIP, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silahkan mendaftar," ujar Gilbert saat dikonfirmasi, Rabu (8/5/2024).

:

Kendati demikian, Gilbert tak bisa menjamin Anies bakal diusung partainya. Sebab, setelah penjaringan masih akan dilakukan penyaringan nama-nama yang dianggap potensial sesuai kriteria PDIP.

Jika nantinya sudah disaring, maka nama-nama yang dipilih akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk kemudian ditetapkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

"Ini masih tahap awal, nanti diputuskan oleh DPP. Tergantung penilaian DPP dan rekam jejak calon tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta memulai rangkaian penjaringan untuk Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mendatang. Penjaringan bakal dilakukan mulai 8 sampai 20 Mei 2024.

: Belum Ada Kandidat, Demokrat DKI Beberkan 7 Kriteria Cagub Jakarta 2024

Ketua Pelaksana Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DKI Jakarta, Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya memberikan perhatian khusus pada Jakarta lantaran merupakan kota yang paling mengkhawatirkan eksistensinya. Selain masalah lingkungan, Jakarta akan menjadi daerah aglomerasi bersama Jabodetabekpunjur setelah tak menjadi ibu kota.

Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Untuk mencegah kekhawatiran tersebut diperlukan kepemimpinan yang kuat dari seorang kepala daerah yang memimpin pemerintahan diatas pilar-pilar Pancasila sebagai dasar dan ideo bangsa," ujar Hendra dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).

Untuk bisa menghadapi tantangan Jakarta ke depan, Hendra meyakini kepala daerah harus konsisten berjalan dan berjuang di landasan ideologi Pancasila.

Nantinya setelah melakukan penjaringan, DPD PDIP akan melakukan penyaringan bersama DPP PDIP untuk menentukan siapa kandidat yang akan diusung.

"Mengingat jadwal Pemilihan Kepala Daerah yang telah di tetapkan, maka PDI Perjuangan akan melakukan penjaringan yang nanti akan ditingkatkan dalam penyaringan secara berjenjang yang
dilakukan oleh DPP bersama DPD PDIP," ucapnya.

Penjaringan ini, kata Hendra, bisa diikuti siapapun yang merasa berkapasitas, khususnya kader-kader PDIP.

Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta yang beralamat Sedayu City Big Box No. 10 A RT 001 RW.009, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

Atau secara online dapat mengisi form pada link : https://bit.ly/FORM_PENDAFTARAN BALON_PILKADA2024 dan lampiran dapat di download pada link: https://bit.ly/FORM_DOWNLOAD PILKADA2024

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #siap #usung #pilkada #pdip #persilakan #anies #daftar

KOMENTAR