Tangani Sidang Sengketa Pileg, Arsul Sani Singgung Kekalahan Manchester United
Hakim Konstitusi Arsul Sani di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024). (Suara.com/Dea)
10:40
7 Mei 2024

Tangani Sidang Sengketa Pileg, Arsul Sani Singgung Kekalahan Manchester United

Hakim Konstitusi Arsul Sani sempat menyinggung kekalahan tim sepak bola Liga Inggris Manchester United (MU) dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2024.

Awalnya, Arsul yang menangani perkara sebagai Anggota Majelis Hakim pada sidang sengketa Pileg 2024 di panel 2 memberikan semangat kepada Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin yang membacakan keterangannya selaku termohon.

"Mohon izin Pak Afif, tetap semangat walaupun kurang tidur dan walaupun tadi malam MU kalah 4-0 tanpa balas dari Crystal Palace," kata Arsul di ruang sidang panel 2 Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, Arsul menyebut perkara berikutnya yang ditanganinya. Perkara tersebut merupakan sengketa internal partai politik.

Arsul kemudian menyebut sengketa tersebut dengan istilah sepak bola sebagai derbi laga antara dua klub dari basis kota yang sama.

"Berikutnya perkara 155, ini sengketa internal, kalau sengketa internal kita sebut saja derbi PHPU lah ya. Derbi PHPU seperti MU dengan City, atau Inter Milan dan AC Milan," ujar Arsul.

Sekadar informasi, MK meregistrasi 297 PHPU Legislatif yang terdiri dari tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Adapun agenda sidang sengketa kali ini ialah mendengarkan keterangan KPU selaku termohon, Bawaslu, dan pihak terkait.

Rangkaian sidang PHPU Pileg 2024 dibagi menjadi tiga panel yang masing-masing dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo, Wakil Ketua MK Saldi Isra, dan Anggota MK Arief Hidayat.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #tangani #sidang #sengketa #pileg #arsul #sani #singgung #kekalahan #manchester #united

KOMENTAR