OPM Bakar Bangunan SD di Papua, Komnas HAM Justru Membisu di Hardiknas, Kini Dirujak Warganet
Foto Gedung SDN Inpres Pogapa di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua dibakar diduga dilakukan oleh TPNPB-OPM, pada Rabu (1/5/2024) pagi. [Dok. Satgas Damai Cartenz]
14:24
2 Mei 2024

OPM Bakar Bangunan SD di Papua, Komnas HAM Justru Membisu di Hardiknas, Kini Dirujak Warganet

Organisasi Papua Merdeka (OPM) membakar Gedung SDN Inpres Pogapa di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Rabu (1/5/2024) pagi.

Pembakaran gedung bangunan SD Inpres Pogapa dilakukan oleh KKB wilayah Homeyo dan dalam aksi tersebut juga terdengar bunyi letusan senjata api laras panjang dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno menyebut sebelum membakar Gedung SDN Inpres Pogapa, mereka juga menyerang Mapolsek Homeyo hingga mengakibatkan tewasnya satu warga sipil bernama Alexsander Parapak (20).

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Pemuda Malah Diusir Ibu Kos Usai Kehilangan Sepeda Motor di Kos-kosan

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Pemuda Malah Diusir Ibu Kos Usai Kehilangan Sepeda Motor di Kos-kosan

Peristiwa penyerangan ini terjadi pada Selasa (30/4/2024).

Berdasar hasil penyelidikan, Bayu menyebut pembakaran Gedung SDN Inpres Pogapa dan penyerangan Mapolsek Homeyo ini diduga dilakukan kelompok TPNPB-OPM pimpinan Keni Tipagau, Undius Kogoya, dan Aibon Kogoya.

"Lokasi pembakaran bangunan SD Negeri Inpres Pogapa tidak jauh dari Mapolsek Homeyo, hanya berjarak kurang lebih 50 meter," ujarnya.

Aksi pembakaran gdung SD Inpres Pogapa itu memantik kecaman dari warganet. Bahkan mereka menggeruduk akun Komnas HAM yang memposting ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) hari ini.

"Itu di Papua sekolah di bakar oleh KKB, termasuk pelanggaran ham atau bukan ya?," tulis @ayeta***.

"Selamat hari pendidikan nasional, bahkan opm jg ikut merayakan nya dengan membakar gedung sekolah anak2 calon penerus bangsa," timpal @thadd***.

Kecelakaan di Tol Cipali, Anggota DPRD Jabar Dikabarkan Alami Luka Berat

Mandala Abadi Shoji Kecelakaan Lalu Lintas, Mobilnya Ringsek Tabrak Truk dari Belakang

"Sekolah di Papua dibakar, kira-kira melanggar HAM tidak kakak," sindir @yasin***.

"HAM TIDAK BECUS," balas @muham***.

"Sekolah di bakar, bagaimana tindakan kalian, jiwa nasionalisme kalian di mana," hardik @jeje***.

Hingga kekinian, aparat kepolisian masih bersiaga di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyerangan susulan.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk berperan serta dalam menjaga kamtibmas di wilayah distrik homeyo dari ancaman KKB, sehingga tercipta kedamaian ditengah-tengah masyarakat," pungkas AKBP Bayu Suseno.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #bakar #bangunan #papua #komnas #justru #membisu #hardiknas #kini #dirujak #warganet

KOMENTAR