Tertutup Muntahan Debu Vulkanik Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Manado Tutup Sementara
BERDAMPAK LUAS: Salah satu pesawat yang batal terbang karena Bandara Sam Ratulangi, Manado, tutup efek erupsi. (AYURAHMI RAIS/MANADO POST)
10:08
1 Mei 2024

Tertutup Muntahan Debu Vulkanik Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Manado Tutup Sementara

 

 

Aktivitas Gunung Ruang di Sulawesi Utara dikabarkan kembali meningkat sejak Selasa (30/4).

Gunung Ruang yang berlokasi di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), dikabarkan kembali meletus pada (30/4) Selasa, pukul 02.00 Wita.

Akibatnya sejumlah akses publik salah satunya, seperti Bandara Sam Ratulangi Manado terpaksa harus ditutup sementara.

Dilansir dari Antara, Rabu (1/5), PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat)menutup akses akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang.

"Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Samrat, maka sesuai dengan Notam untuk sementara kami tutup," kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado, Selasa.

Lebih lanjut, GM Bandara Samrat juga menyampaikan penutupan sementara ini dilakukan berdasarkan pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Fuang dan Notam: A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan operasional Bandara Samrat ditutup sementara sampai dengan pukul 12.00 Wita hari ini.

"Kami menutup sementara aktivitas penerbangan dari dan menuju Manado hingga sebentar siang," katanya.

Bandara Internasional Sam Ratulangi beroperasi setelah enam hari ditutup, karena abu vulkanik Gunung Ruang yang erupsi tanggal 16 April 2024 lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan bandara beroperasi mulai hari Senin (22/4).

Setelah sempat mereda sekira 10 hari pasca letusan pertama, Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro kembali meletus pada pukul 02.00 wita dini hari, Selasa, 30 April 2024.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tertutup #muntahan #debu #vulkanik #gunung #ruang #bandara #ratulangi #manado #tutup #sementara

KOMENTAR