Pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya Dibuka Kembali Juli 2024, Simak Syarat dan Ketentuannya!
Ilustarsi- Penerima Beasiswa (senivpetro-freepik)
20:16
20 April 2024

Pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya Dibuka Kembali Juli 2024, Simak Syarat dan Ketentuannya!

 - Penerimaan Beasiswa Pemuda Tangguh jilid pertama di Surabaya telah selesai untuk tahun 2024.

Namun, langkah ini bukanlah akhir dari kesempatan untuk mewujudkan mimpi pendidikan, karena Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya bersiap untuk menerima peserta jilid kedua pada program beasiswa ini.

Melansir Radar Surabaya (JawaPos Grup), Menurut Hidayat Syah, Kepala Disbudporapar Surabaya, periode pertama penerimaan berlangsung dari tanggal 15 Januari hingga 4 Februari 2024.

Sebanyak 400 mahasiswa telah mendaftar pada periode ini, dan jumlah yang sama akan direkrut pada tahap kedua, sehingga total peserta baru yang akan menerima beasiswa ini tahun ini mencapai 800 orang.

"Nanti pada jilid dua juga 400 orang. Jadi tahun ini ada 800 peserta baru penerima beasiswa ini," kata Hidayat, Jumat (19/4).

Secara keseluruhan, sudah ada 3.100 peserta yang menerima bantuan dari Beasiswa Pemuda Tangguh ini.

Selain bantuan untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), para peserta juga mendapatkan uang saku dan uang penunjang pembelajaran dengan total bantuan mencapai Rp 1,250 Juta. Anggaran total untuk program ini tahun ini mencapai Rp 46 miliar.

"Untuk total anggarannya tahun ini itu sebanyak Rp 46 miliar," ucap dia.

Hidayat menegaskan bahwa beasiswa ini akan diberikan hingga para peserta menyelesaikan kuliah mereka.

Namun, selama masa pendidikan, para peserta akan dievaluasi berdasarkan hasil akademis mereka. Kriteria minimal untuk mendapatkan beasiswa ini adalah IPK 3,5. Evaluasi akan dilakukan setiap bulan dan setiap semester.

"Minimal IPK-nya itu 3,5. Nanti ini kami evaluasi terus tiap bulan dan semesternya," ucap Hidayat.

Bagi peserta yang mengalami penurunan nilai akademis, ada kemungkinan beasiswa akan dicabut. Hal serupa juga berlaku bagi mahasiswa yang lulus melebihi batas kuliah normal 8 semester.

Namun, sebelum keputusan dicabut, akan ada evaluasi lebih lanjut dan pemahaman akan prestasi yang telah dicapai.

"Tapi tentu akan ada evaluasi masukan dulu. Kami beri pemahaman perihal prestasinya. Tidak asal dicabut," ujarnya.

Lebih lanjut, Hidayat mengungkapkan bahwa tahap kedua dari Beasiswa Pemuda Tangguh ini akan dimulai sekitar bulan Juli mendatang. 

Pendaftaran akan dilakukan oleh mereka yang terdaftar sebagai keluarga miskin (gamis) di Dinas Sosial. Program ini akan disesuaikan dengan tahun ajaran baru, dan akan bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri.

"Nanti kita sesuaikan dengan tahun ajaran baru ya. Karena yang daftar inikan sudah harus diterima dulu di perguruan tinggi dulu. Jadi ada yg semester 1 ada yang 2 juga. Untuk perguruan tinggi yang kerja sama semua perguruan tinggi negeri bisa," pungkasnya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pendaftaran #beasiswa #pemuda #tangguh #surabaya #dibuka #kembali #juli #2024 #simak #syarat #ketentuannya

KOMENTAR