Siap-Siap, Kemenhub Akan Buka Belasan Ribu Formasi CPNS dan PPPK 2024!
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat. (Dok Kemenhub)
14:56
19 April 2024

Siap-Siap, Kemenhub Akan Buka Belasan Ribu Formasi CPNS dan PPPK 2024!

- Kalian para pencari kerja, atau ingin mencari pekerjaan yang lebih baik?

Ingin menjadi ASN hingga pegawai pemerintahan? Jangan khawatir yuk simak informasi berikut ini.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajukan usulan kebutuhan calon aparatur sipil negara (CASN) termasuk CPNS yakni sebesar 18.017 formasi dan juga ASN dan CPNS di kementerian lainnya disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Formasi CPNS Kemenhub 2024 yang mencapai belasan ribu diharapkan bisa mendorong peningkatan kualitas serta pemerataan aksesibilitas pelayanan sektor transportasi di Indonesia.

Sebanyak 18.017 formasi tersebut terdiri atas CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dengan rincian 1.385 CPNS Tenaga Teknis, 6 CPNS Tenaga Kesehatan, 16.543 PPPK Tenaga Teknis, dan 83 PPPK Tenaga Kesehatan.

"Kementerian PANRB mendukung penuh upaya Kemenhub dalam upaya pemenuhan dan pemerataan SDM sektor transportasi di seluruh wilayah Indonesia," ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

"Karenanya usulan kebutuhan ASN 2024 dari Kemenhub sebanyak 18.017 kita setujui 100 persen," lanjutnya.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas juga menjelasakan mengenai sektor transportasi atau perhubungan yang menjadi salah satu pilar kemajuan sebuah bangsa dan negara.

Hingga Menpa RB mengatakan bahwa perlunya banyak dukungan SDM pelasana kebijakan dan penggerak eksekusi program transportasi di masing-masing matra, yakni transportasi darat, laut, udara dan kereta api.

"Pengadaan tahun ini menjadi yang terbesar dalam 10 tahun terakhir. Harapan kami kebutuhan rencana strategis di Kemenhub lima sampai 10 tahun ke depan bisa diselesaikan melalui pengadaan tahun ini," jelasnya.

Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut melanjutkan, arah pengadaan CASN 2024 salah satunya adalah mendukung efektivitas kerja Ibu Kota Nusantara (IKN).

Abdullah Azwar Anas juga mengapresiasi Kemenhub yang telah mengalokasikan formasi untuk talenta digital dan pemenuhan CPNS ke IKN.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #siap #siap #kemenhub #akan #buka #belasan #ribu #formasi #cpns #pppk #2024

KOMENTAR