Minta Bertemu Prabowo, CEO Apple Tim Cook Kirim Surat Audiensi Sejak Sebulan Lalu
CEO Apple Tim Cook juga melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih RI Prabowo Subianto dalam kunjungannya ke Jakarta, Indonesia pada hari ini, Rabu (17/4/2024). 
20:31
17 April 2024

Minta Bertemu Prabowo, CEO Apple Tim Cook Kirim Surat Audiensi Sejak Sebulan Lalu

- Chief Executive Officer (CEO) perusahaan raksasa teknologi asal AS, Apple, Tim Cook melakukan kunjungan ke Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto di kantor Kementerian Pertahanan RI, Rabu (17/4/2024).

Dalam kunjungan itu Prabowo dan Tim membahas bermacam hal, termasuk salah satunya tentang kolaborasi yang terjalin selama ini antara Apple dan pemerintah Indonesia.

Tim juga menyempatkan menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Atas nama Apple, saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Anda di pilpres. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda seiring dengan upaya Apple yang terus berinvestasi dalam ekosistem teknologi Indonesia," kata Tim dalam suratnya ke Prabowo tertanggal 21 Maret lalu, saat dirinya memberitahukan terkait kunjungannya ke Indonesia.

Tim menyebut dirinya merasa bangga dengan kerja sama yang terjalin antara Apple dengan tiga akademi pengembangan Apple di Indonesia yakni Surabaya, Jakarta, dan Batam.

Kata dia, akademi pengembangan Apple di tiga daerah itu menunjukan komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan keterampilan masyarakat.

"Visi dan komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan keterampilan dan inovasi tercermin dalam kualitas luar biasa dari hampir 2.000 lulusan hingga saat ini. Ke depan, saya yakin kita akan mampu membuka kolaborasi sukses lebih lanjut antara Indonesia dan Apple," ujar Tim.

Pertemuan yang berlangsung selama lebih dari sejam itu, sempat diselingi canda tawa.

Di mana Prabowo sempat bertanya apakah Tim seorang vegetarian atau vegan.

"Terima kasih. Sebuah kehormatan bagi saya bisa bertemu dengan Anda," kata Prabowo di akhir pertemuan.

"Saya ingin bertanya, apakah Anda seorang vegetarian atau vegan?" tanya Prabowo.

"Tidak keduanya," jawab Tim.

Setelahnya, Prabowo mengajak Tim untuk makan malam bersama di kemudian hari apabila bos Apple tersebut memiliki waktu luang.

"Apabila Anda ada waktu, mungkin kita bisa makan malam bersama," kata Prabowo.

"Itu akan sangat menyenangkan, terima kasih," ujar Tim.

Dalam pertemuan tersebut Prabowo turut didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Sekjen Kemhan Donny Ermawan Taufanto.

Sebelumnya, Tim pada hari yang sama, atau pada pagi harinya, lebih dahulu menemui Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Pertemuan Tim dan Jokowi ini disebut membahas soal rencana investasi Apple di Indonesia.

Usai pertemuan, Tim Cook mempertimbangkan untuk membuka pabrik di Indonesia.

"Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur di negara ini, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan," kata Tim Cook di Istana Negara, Rabu (17/4/2024).

Menurutnya kemampuan untuk berinvestasi di Indonesia tidak terbatas. Apple percaya kepada Indonesia untuk bisa menjadi tempat berinvestasi.

"Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini," katanya.

Tim Cook mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Apple. Pertemuan dengan Presiden Jokowi membicarakan tentang komitmen Apple berinvestasi di Indonesia.

"Ini adalah sebuah dialog tentang potensi besar yang ada di negara ini dan komitmen kami terhadap negara tersebut," pungkasnya.

Sementara itu Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Indonesia merupakan pasar yang baik bagi Apple. Dari 2,8 juta total produk Impor sebanyak 85 persen merupakan produk produk Apple.

"Angkanya sekitar 1 atau 2 billion dollar atau 2 miliar dollar Amerika angka importasinya," katanya.

Dengan data tersebut, Presiden berharap agar Apple memperluas pengembangannya di Indonesia, tidak hanya sekedar Apple Developer Academy. Salah satunya yakni melalui sektor manufaktur.

"Salah satunya yang kami sampaikan adalah manufaktur. Manufaktur ini untuk menjadi supply chain dari perusahaan-perusahaan global, perusahaan-perusahaan besar seperti Apple memang membutuhkan satu proses," pungkasnya.

Editor: Dodi Esvandi

Tag:  #minta #bertemu #prabowo #apple #cook #kirim #surat #audiensi #sejak #sebulan #lalu

KOMENTAR