Kartu Lansia Jakarta Kapan Cair? Begini Kata Dinas Sosial DKI Jakarta
Sejumlah lansia menerima pembagian Kartu Lansia Jakarta dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta, Selasa (8/5).
07:04
17 April 2024

Kartu Lansia Jakarta Kapan Cair? Begini Kata Dinas Sosial DKI Jakarta

Program Kartu Lansia Jakarta merupakan salah satu inisiatif Pemprov DKI Jakarta untuk membantu secara finansial pada para lansia setiap bulan.

Program ini sejatinya telah memasuki tahap kedua di bulan April 2024 ini. Benefit yang diberikan adalah sejumlah uang, untuk membantu mengurangi angka sengsara pada lansia. Masih ada juga tambahan bantuan bagi yang membutuhkan.

Besaran Bantuan dari KLJ 2024

KLJ memiliki besaran Rp300.000 untuk setiap pemegang kartunya. Jumlah ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi para lansia, dan menunjang kebutuhan sehari-hari dan kesehatan masyarakat lanjut usia.

Pencairan dana Kartu Lansia Jakarta tahap pertama  pada 1 Maret 2024 lalu dan di bulan April 2024 ini akan memasuki tahap kedua periode pencairannya. Namun demikian hingga saat artikel ini ditulis belum ada kepastian jelas mengenai kapan KLJ akan dicairkan.

Secara teknis pencairan dapat dilakukan dengan lancar pada tahap pertama. Namun demikian pihak Dinas Sosial DKI Jakarta merasa perlu melakukan verifikasi lanjutan pada penerima KLJ tahap kedua ini, agar penerima yang masuk dalam program lebih tetap sasaran dan dapat membawa benefit sebesar-besarnya.

Proses verifikasi masih berlangsung dan dikabarkan memerlukan waktu yang cukup lama. Masyarakat dapat terus memonitor perkembangan terkini melalui tautan siladu.jakarta.go.id atau media sosial resmi yang dimiliki oleh Dinsos DKI Jakarta.

Benefit yang Diberikan oleh Kartu Lansia Jakarta

Sejak pencanagannnya, program ini ditujukan untuk memberikan beberapa benefit secara optimal bagi masyarakat kaum lanjut usia. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Meringankan beban ekonomi sebab berbentuk bantuan finansial untuk para lansia. Bantuan ekonomi diharapkan dapat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari, akses layanan kesehatan, dan menunjang keperluan lain yang dimiliki
  • Bentuk apresiasi dan kontribusi pada warga lansia atas andilnya dalam membangun Jakarta hingga menjadi seperti sekarang. Pemprov DKI Jakarta menjadikan hal ini sebagai sebuah pertimbangan
  • Peningkatan kualitas hidup, salah satu bentuk dukungan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara umum, sehingga dapat merasakan kenyamanan yang idealnya  sudah dinikmati di usia senja

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kartu #lansia #jakarta #kapan #cair #begini #kata #dinas #sosial #jakarta

KOMENTAR