Laporan Arus Balik: Gerbang Tol Parungkuda - Cigombong Padat Merayap
Kondisi arus lalu lintas di sekitar Gerbang Tol Parungkuda di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Sabtu (13/4/2024) malam. ANTARA/Aditya Rohman
12:00
14 April 2024

Laporan Arus Balik: Gerbang Tol Parungkuda - Cigombong Padat Merayap

Laporan pada Sabtu (13/4/2024) malam, lalu lintas di sekitar Gerbang Tol (GT) Parungkuda, yang berada di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hingga pukul 23.00 WIB, arus kendaraan menuju arah Sukabumi masih terlihat padat dan mengalami sedikit kemacetan.

Berdasarkan pengamatan langsung di lokasi, terjadi kepadatan lalu lintas terutama di sekitar dan simpang GT Parungkuda. 

Kepadatan ini disebabkan oleh volume kendaraan yang datang dari Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melalui jalur utara Sukabumi yang bertemu dengan kendaraan yang keluar dari GT Parungkuda.

Namun demikian, seperti yang dikutip Redaksi dari Antara, kendaraan masih dapat bergerak walaupun dengan kecepatan yang terbatas. Kepadatan lalu lintas terutama terjadi di sekitar GT Parungkuda hingga Mapolsek Parungkuda.

Di sisi lain, arus lalu lintas setelah melewati Mapolsek Parungkuda menuju Kecamatan Cibadak terlihat lancar. Perbedaan kondisi ini jelas terlihat jika dibandingkan dengan situasi di sekitar GT Cigombong, yang merupakan perbatasan antara Sukabumi dan Bogor.

Di sekitar GT Cigombong, arus lalu lintas cenderung sepi bahkan lengang, dan hal ini berlanjut hingga Jalan Benda, Kecamatan Cicurug, dan area wisata Cimelati Cicurug.

"Kondisi arus lalu lintas khususnya di depan GT Parungkuda cukup meriah, meskipun sempat tersendat tetapi telah kami tangani sehingga tidak terjadi kemacetan," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Fiekry Adi Perdana.

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di Sabtu malam ini, pihaknya belum memberlakukan rekayasa arus lalu lintas seperti one way atau satu arah, hanya beberapa kendaraan dialihkan untuk melewati jalur alternatif untuk memecah volume kendaraan yang mengarah ke Sukabumi.

Pantauan terkini secara daring, masih ada kemacetan cukup panjang dari Gerbang Tol Parungkuda hingga Cigombong, atau sebagian tol Bocimi.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #laporan #arus #balik #gerbang #parungkuda #cigombong #padat #merayap

KOMENTAR