Tanggapi Kritik PSI, Bawaslu Sebut Tunggu Hasil Pembuktian Dugaan Pelanggaran Kampanye Gibran di Ambon
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di kantor DKPP, Gambir, Jakarta, Senin (15/1/2024). (KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
17:56
15 Januari 2024

Tanggapi Kritik PSI, Bawaslu Sebut Tunggu Hasil Pembuktian Dugaan Pelanggaran Kampanye Gibran di Ambon

- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta semua pihak menunggu hasil pembuktian soal dugaan pelanggaran kampanye calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, di Ambon.

Hal itu disampaikan Bagja menanggapi kritik dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni yang menganggap Bawaslu nampak tajam ke Gibran tetapi tumpul pada pasangan calon (paslon) lain.

“Coba dibuktikan saja apakah benar ini ke Gibran. Wong kita lihat laporan hasil pengawasan teman-teman kok semua,” ujar Bagja di kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jalan Abdul Muis, Gambir, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Dia mengatakan, saat ini Bawaslu tengah melakukan penelusuran soal pelibatan kepala desa pada kampanye Gibran di Ambon.

Menurut Bagja, pihaknya juga masih mencari tahu bagaimana Gibran bisa bertemu dengan ratusan kepala desa tersebut.

“Lagi diproses ya yang pertemuan dengan kepala adat, yang kemudian (kena) peraturan (pemilu) itu kepala adat yang juga sebagai kepala desa di situ,” kata Bagja.

“Diduga ada pelanggaran (pemilu pada pertemuan tersebut),” ujarnya lagi.

Diketahui Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Maluku, Samsun Ninilouw mengungkapkan, ada 30 kepala desa dari estimasi 100 undangan pada pertemuan dengan Gibran.

"Cawapres dengan nomor urut 2 itu langsung melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala pemerintah negeri (KPN) dan kepala desa, baik dari Kota Ambon maupun Kabupaten Maluku Tengah di SwissBell Hotel. Dugaan awal itu kami menyatakan bahwa ini adalah pelanggaran saat kunjungan Cawapres Gibran di Maluku,” kata Samsun di kantor Bawaslu Maluku, Kamis (11/1/2024).

Editor: Tatang Guritno

Tag:  #tanggapi #kritik #bawaslu #sebut #tunggu #hasil #pembuktian #dugaan #pelanggaran #kampanye #gibran #ambon

KOMENTAR