Sosok Petugas Stasiun Tawang Semarang Amankan Tas Penumpang Berisi Uang dan Emas
Pedagang menata emas Antam di Jakarta, Rabu (17/2/2021). Dalam artikel mengulas tentang sosok dan kronologi petugas kereta api di Stasiun Tawang Semarang yang mengembalikan tas milik penumpang viral di media sosial. 
16:55
10 April 2024

Sosok Petugas Stasiun Tawang Semarang Amankan Tas Penumpang Berisi Uang dan Emas

Sosok dan kronologi petugas kereta api di Stasiun Tawang Semarang yang mengembalikan tas milik penumpang viral di media sosial.

Diketahui petugas tersebut, bekerja sebagai satpam di Stasiun Tawang Semarang.

Ia menemukan tas merk Louis Vuitton berisi barang berharga senilai Rp 510 juta.

Tas warna cokelat itu, tertinggal di ruang tunggu Stasiun Semarang Tawang, Minggu (7/4/2024) malam.

Adapun sejumlah barang yang berada di tas, meliputi batang emas Antam seberat 100 gram, beberapa lembar mata uang asing, STNK, dompet dan buku rekening tabungan.

Petugas keamanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang itu, pun segera mengamankan barang yang tertinggal.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan sosok petugas Security Stasiun Semarang Tawang yang mengamankan tas coklat itu bernama Achmad Hidayatul Ikhsan.

Kronologi Penemuan Tas Berisi Emas hingga Uang

Dikutip dari TribunJateng.com, Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan kejadian berawal saat penumpang KA Sembrani dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng tujuan Gambir pada Minggu (7/4/2024) melaporkan barangnya yang tertinggal.

Ia melapor kepada petugas pengamanan KA Sembrani, bahwa tas merk Louis Vuitton, miliknya tertinggal di area tunggu Stasiun Semarang Tawang.

Setelah mengetahui laporan itu, petugas pengamanan KA Sembrani segera melaporkan hal itu ke Kantor pengamanan Stasiun Semarang Tawang.

Untuk selanjutnya dilakukan penyisiran di lokasi dimaksud.

Lantas, petugas KAI mengamankan tas berwarna coklat dengan milik penumpang itu.

Isinya ada lima buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, hingga 2 lembar STNK.

"Petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng yang biasa dipanggil Ikhsan berhasil mengamankan barang dimaksud berupa tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton," jelasnya dalam keterangan pers tertulis.

"Dan berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang senilai Rp 510 juta rupiah," lanjut Fran.

Dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir

Selanjutnya, tas yang diamankan petugas dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir menggunakan KA Argo Bromo Anggrek.

Proses pengiriman barang disertai pengawalan oleh Petugas Pengamanan Kereta.

Lalu, dikembalikan ke pemilik barang sesampainya di Stasiun Gambir.

Pada pukul 17.30 WIB barang sampai di Pos Pengamanan Stasiun Gambir dan diserahkan.

"Pemilik barang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam karena KAI telah menemukan barang berharganya."

"Ia juga sangat mengapresiasi nilai-nilai kejujuran yang dimiliki oleh Ikhsan KAI dalam menjalankan setiap tugasnya," tuturnya.

Tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton milik penumpang kereta api berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM). Tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton milik penumpang kereta api berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM). (Istimewa via Tribun Jateng)

KAI Imbau Warga hati-hati

Dalam kesempatan yang sama, Fran mengingatkan kepada para penumpang bahwa barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang sendiri.

"Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI Daop 4 Semarang sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," tuturnya.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Inilah Sosok Ikhsan, Satpam Stasiun Tawang Semarang Kembalikan Tas Louis Vuitton Isi 5 Emas Batangan

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS, TribunJateng.com/Rahdyan Trijoko Pamungkas, Kompas.com)

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #sosok #petugas #stasiun #tawang #semarang #amankan #penumpang #berisi #uang #emas

KOMENTAR