Tol Bocimi Seksi 2 Dipastikan Tak Bisa Digunakan di Mudik Lebaran 2024
Tol Bocimi Dipastikan Tak Bisa Digunakan di Mudik Lebaran 2024 [Sukabumiupdate.com]
12:00
7 April 2024

Tol Bocimi Seksi 2 Dipastikan Tak Bisa Digunakan di Mudik Lebaran 2024

Tol Bocimi Seksi 2 dipastikan tidak bisa dipergunakan untuk dilintasi para pemudik saat momen mudik Lebaran 2024. Pasca longsor yang terjadi di KM 64, kampung Sikup, Desa Purwasari, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, kondisi tol Bocimi seksi 2 tidak memungkinkan untuk dilintasi pemudik.

Menurut Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry Adi Perdana, kondisi longsor di KM 64 harus diperbaiki secara permanen. Fiekry mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui dan belum bisa memprediksi kapan perbaikin itu akan selesai.

Namun, ia menegaskan untuk mudik lebaran Idul Fitri 2024, telah ditutup secara permanen.

"Dari informasi yang kami dapat dari pihak yang bisa dipercaya, jadi tol memang ini untuk sementara waktu tidak bisa digunakan, baik untuk arus mudik maupun arus balik," ujar Fiekry kepada sukabumiupdate.com--jaringan Suara.com, Minggu (7/4).

"Sekarang memang dalam proses pekerjaan, tadi kesana pengerjaannya masih, kalau enggak salah lagi pemasangan besi atau sheet pile. Memang tidak ada yang ingin ada kejadian untuk longsor seperti ini, karena memang ini faktor alam," tambahnya.

Terkait informasi bahwa pada esok Senin 8 April 2024 akan ada uji coba Jalur B di Tol Bocimi Seksi 2, ia menyebut bahwa hal itu batal.

"Untuk uji coba belum jadi, informasi sementara, tol itu tidak bakal digunakan karena memang sudah tidak memungkinkan," ungkapnya.

"Jadi memang kami pasti bekerja keras untuk arus balik menuju ke Cigombong, karena jalan tol itu, tidak bisa digunakan untuk mudik lebaran," tambah AKP Fiekry Adi.

Longsor Tol Bocimi Bikin Kemacetan Parah

Imbas Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) ditutup arah dari Jakarta menuju Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyebabkan kemacetan di Jalan Raya Sukabumi-Bogor H-4 menuju Lebaran, Sabtu (6/4/2024) malam.

Pantauan di lokasi, sekitar pukul 21.00 WIB dari arah Cigombong menuju ke Cicurug mengalami kemacetan di sekitaran Pabrik Molax Sukabumi cukup padat merayap.

Kemacetan itu juga terjadi di sekitaran alun-alun Cicurug hingga pertigaan menuju Cidahu, Sukabumi.

Kemudian arah menuju Parungkuda terlihat ramai lancar yang didominasi kendaraan umum atau pemudik menuju ke arah Sukabumi.

Pantauan dilokasi juga, terlihat petugas dari kepolisian turut melakukan pengamanan di sejumlah titik kemacetan tersebut.

Kemacetan itu dikarenakan adanya longsor yang terjadi di Tol Bocimi arah GT Parungkuda, hingga saat ini dilakukan penutupan sementara.

Sebelumnya, pantauan Suara.com di Exit GT Cigombong, Sabtu sekitar pukul 20.00 WIB terlihat sejumlah personel kepolisian berjaga-jaga di area lokasi pengalihan lalu lintas tersebut.

Sejumlah kendaraan pengguna jalan Tol Bocimi terlihat menuju ke arah GT Cigombong mengikut arahan rambu pengalihan yang terpasang di lokasi.

Kondisi arus lalu lintas di GT Tol Cigombong pun terlihat masih landai, baik yang hendak masuk tol maupuk keluar.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #bocimi #seksi #dipastikan #bisa #digunakan #mudik #lebaran #2024

KOMENTAR