Zara Dihujat Gegara Lepas Hijab, Putri Anies Baswedan Juga Alami Hal Serupa
Zara Dihujat Gegara Lepas Hijab, Putri Anies Baswedan Juga Pernah Alami Hal Serupa [Istimewa]
16:52
6 April 2024

Zara Dihujat Gegara Lepas Hijab, Putri Anies Baswedan Juga Alami Hal Serupa

Keputusan putri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Camillia Azzahra alias Zara untuk melepas hijab membuat pro kontra di ruang publik. Sejumlah netizen di platform media sosial banyak yang kontra dan mulai menyerang Zara.

Malah cukup banyak netizen yang kemudian mempersalahkan Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya atas keputusan Zara melepas hijab.

"Biar apa kang @ridwankamil? Orang bulan puasa itu keimanannya meningkat, tp anak bapak ko malah kebalikannya? Biar ada sensasi pemberitaan gitu?" tulis salah satu pengguna X mengomentari pemberitaan soal Zara.

Di akun sosial medianya, Zara juga banyak dikomentari nyinyir soal keputusannya ini. "aib kok dipublikasikan, bener heran saya ama zaman skrg," tulis netizen lainnya.

Zara sendiri sudah menuliskan soal keputusannya untuk melepas hijab. Menurut Zara, keputusannya untuk melepas hijab sudah melalui proses diskusi dan pertimbangan yang matang dengan kedua orang tuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya.

"Hi semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," tulisnya di awal unggahan tersebut.

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," jelasnya.

"Jangan menyalahkan orangtuaku. Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter dan beragama, dan ini semua adalah pilihanku sendiri. Aku memilih momentum dimana orangtuaku sedang dalam masa tenang di dunia mereka dan juga bulan suci Ramadhan," ungkap Zara.

  • Bela Anies Baswedan Soal Putrinya yang Disorot Tak Pakai Jilbab, Akhmad Sahal: Kalau Gamau Berjilbab Hormati!

Zara saat ini diketahui sedang menimpuh pendidikan di Inggris. Adik mendiang Emmeril Khan Mumtadz alias Eril itu sebelumnya tercatat di laman PDDikti sebagai mahasiswa ITB program Diploma pada tahun 2022.

Namun Zara hanya berkuliah dua semester di ITB. Status kemahasiswaannya tercatat mengundurkan diri.

Kini, Zara berkuliah di Newcastle University Inggris. Dia mengambil program studi Arsitektur dengan jenjang Sarjana.

Apa yang dialami Zara saat ini juga pernah dirasakan oleh putri Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. Pada kontestasi Pilpres 2024 lalu, Mutiara yang tak kenakan hijab jadi gunjingan publik di sosial media.

Dokter Tifa atau Tifauzia Tyassuma, sosok yang dulu menuding ijazah Jokowi palsu juga sempat mengungkit soal Mutiara tak pakai hijab.

"Dear @aniesbaswedan untuk 2024 cuma kurang 1 langkahmu. Putrimu, Tia, pakaikanlah jilbab," tulisnya pada 1 Agustus 2022.

"InsyaAllah 85% suara Muslim, dlm genggamanmu. Dg cara sgt sederhana ini, dirimu paripurna. Sekaligus membebaskan umat Muslim dr pembenaran atas ketidakbenaran yg dilakukan Idolanya," tambah Dokter Tifa.

Cuitan dari Dokter Tifa itu kemudian direspon oleh pengurus cabang istimewa NU Amerika Serikat Akhmad Sahal hingga politisi PSI, Ade Armando.

"Kali ini saya bela @aniesbaswedan dalam dua hal: Menikahkan dengan bahasa Arab, ga masalah biasa di kalangan muslim non Arab khususnya santri, Ga memaksakan putrinya pake jilbab tapi berpakaian terhormat, Jangan ada paksaan dalam agama. Kalo putrinya gamau berjilbab hormati!" tulus Sahal.

Sementara Ade Armando menyebut apa yang disampaikan Dokter Tifa terkesan ancaman dibanding sekedar nada anjuran. Ade pun membela keputusan anak Anies Baswedan itu yang memiliki tak kenakan hijab.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #zara #dihujat #gegara #lepas #hijab #putri #anies #baswedan #juga #alami #serupa

KOMENTAR