Pemudik Wajib Tahu! Mulai 3 April Kereta Api Rangkasbitung-Merak Hanya Sampai Stasiun Cilegon
Kepala Provinsi Banten, Tri Murtopo. [Yandi Sofyan/Suara.com]
11:20
2 April 2024

Pemudik Wajib Tahu! Mulai 3 April Kereta Api Rangkasbitung-Merak Hanya Sampai Stasiun Cilegon

Selama arus mudik lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H yakni 3-9 April 2024, kereta api (KA) commuter line lokal ekonomi rute Rangkasbitung-Merak hanya akan melayani sampai Stasiun Cilegon.

Kabar kereta api Rangkasbitung-Merak hanya sampai Stasiun Cilegon diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Banten, Tri Murtopo.

Ia mengungkapkan penghentian sementara commuter line ke Stasiun Merak dilakukan untuk memperlancar arus kendaraan di perlintasan sebidang yang berada di depan pintu masuk Pelabuhan Merak.

"Kereta (dari Rangkasbitung) yang akan ke Pelabuhan Merak pemberhentian terakhirnya hanya sampai di Stasiun Cilegon. Dan itu mulai tanggal 3 April sampail 9 April 2024. Sementara, hanya pas mudik lebaran saja," kata Tri saat ditemui di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin (1/4/2024).

Meski begitu, para penumpang kereta yang akan menuju Pelabuhan Merak bisa melanjutkan perjalanan dari Stasiun Cilegon menggunakan angkot gratis yang telah disiapkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak.

"Hasil koordinasi bersama Dirjen Hubdat Kemenhub, ASDP disepakati dengan menyiapkan 30 angkot. Namun jika kurang akan ditambah, menyesuaikan jumlah penumpang kereta api, terutama kondisi peak season. Jadi penumpang yang mau ke Merak difasilitasi oleh ASDP gratis pakai angkot," ungkap Tri.

Kata Tri, penumpang kereta api yang turun di Stasiun Cilegon menuju Merak ataupun dari arah sebaliknya bisa menaiki angkot gratis yang telah dipasangi stiker khusus.

"Nanti ada tandanya (di angkot), ada tulisannya yang akan stand by di depan stasiun (Cilegon)," kata Tri.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Suharto menambahkan, pemilihan angkot sebagai kendaraan gratis yang digunakan untuk mengangkut penumpang kereta api menuju Pelabuhan Merak lantaran kondisi di sekitaran Stasiun Cilegon tak memungkinkan bila menggunakan shuttle bus.

"Kenapa tidak pakai bus? Itu karena kondisi di Stasiun Cilegon yang sempit, maka lebih efektif dan optimal pakai angkot," katanya.

"Dan angkot itu sudah melayani reguler rute Cilegon - Merak. Dan itu gratis, semua yang nanggung ASDP," imbuh Suharto.

Diketahui, berdasarkan pantauan di aplikasi KAI Acces, tiket commuter line lokal dari Rangkasbitung menuju Stasiun Krenceng dan Stasiun Merak sudah tidak tersedia. Sedangkan tiket rute Rangkasbitung - Cilegon masih bisa dibeli secara normal.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #pemudik #wajib #tahu #mulai #april #kereta #rangkasbitung #merak #hanya #sampai #stasiun #cilegon

KOMENTAR