Prabowo Temui Presiden China Xi Jinping di Beijing, Bakal Bahas Masalah Pertahanan
Menhan Prabowo Subianto tiba di China, Minggu (31/3/2024). [ANTARA/Ho-Humas Kemhan]
10:48
1 April 2024

Prabowo Temui Presiden China Xi Jinping di Beijing, Bakal Bahas Masalah Pertahanan

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan diagendakan melakukan pertemuan dengan Presiden China Xin Jinping, Senin (1/4/2024) sore.

Dalam siaran resmi Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Prabowo telah tiba di China sejak Minggu (31/3/2024) dan disambut Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang dan Atase Pertahanan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenhan Brigjen Edwin Adrian Sumantha menjelaskan, kunjungan Prabowo ke China untuk mempererat hubungan kerja sama Indonesia dengan negeri tirai bambu tersebut, utamanya di bidang pertahanan.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional," katanya.

Setelah bertemu Xin Jinping, Prabowo dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun, Selasa (2/4/2024).

Dalam pembicaraan tersebut, Prabowo akan membahas kerja sama antara Indonesia dan China di bidang pertahanan dan keamanan negara.

Xin Jinping sebelumnya sempat memberikan ucapan selamat kepada Prabowo setelah terpilih sebagai Presiden RI berdasarkan hasil hitung resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ucapan tersebut disampaikan melalui surat resmi yang diantar Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang ke Kantor Kemenhan RI, Kamis (21/3/2024).

"Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia," kata Presiden Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu.

Xi mengungkapkan bahwa China dan Indonesia memiliki sejarah baik dalam mempercepat perkembangan hubungan bilateral.

"Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar," ujar Xi

Lebih jauh, Xi berharap hubungan tersebut tetap terjaga saat Prabowo resmi menjabat Presiden Indonesia. (Antara)

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #prabowo #temui #presiden #china #jinping #beijing #bakal #bahas #masalah #pertahanan

KOMENTAR