Neraka 42 Menit di Langit Jakarta
Ilustrasi pesawat. Kisah pesawat British Airways yang berhasil selamat dari maut di langit Jakarta. [Ist]
10:04
24 Maret 2024

Neraka 42 Menit di Langit Jakarta

"Jakarta, Jakarta, mayday, mayday, Speedbird 9. Kami kehilangan keempat mesin," suara panik Kapten Eric Moody meluncur di radio dalam penerbangan pesawat British Airways 747, pada 24 Juni 1982.

Malam itu tanpa temaram sinar bulan, adalah malam paling mencekam yang dialami 247 penumpang dan 15 kru pesawat British Airways 747 yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Perth, Australia. 

Pesawat yang mereka tumpangi kehilangan daya gerak akibat empat mesinnya mati mendadak. Posisi pesawat berada di langit Jakarta.

Matinya mesin diakibatkan tersumbat abu vulkanik yang menyembur dari Gunung Galunggung. Ya pada malam itu Gunung Galunggung meletus. 

Abu panasnya membuat pesawat British Airways kehilangan kendali. Keempat mesin jet menyala putih, menyemburkan api, dan berhenti.

Pertunjukan api St Elmo yang paling intens, suatu bentuk listrik atmosfer yang bersinar biru, menari-nari di kaca depan pesawat.

Para penumpang yang belum sadar apa yang sedang terjadi awalnya merasa kagum melihat pertunjukan kilatan cahaya aneh itu. 

Baru setelah Kapten Eric Moody memberikan pengumuman semuanya sadar: Hidup mereka berada di ujung tanduk. 

“Hadirin sekalian, ini kapten Anda yang berbicara. Kami punya masalah kecil. Keempat mesin telah berhenti. Kami melakukan yang terbaik untuk mengendalikan mereka. Saya yakin Anda tidak terlalu tertekan,” begitu isi pengumuman Kapten Eric yang langsung membuat suasana pesawat seketika hening. 

“Mengerikan,” kata seorang penumpang Arthur Ewen, dari Scarborough, menggambarkan perasaannya dalam wawancara tahun 2012 ini dikutip dari https://www.airlineratings.com/.

“Itu masih mempengaruhi saya dan Shirley hingga saat ini. Kabin sepi, orang-orang berdoa. Kami hanya berpelukan dan berpegangan tangan.”

Penumpang dan awak pesawat menghadapi penderitaan selama 42 menit sebelum 747 mendarat di Jakarta.

Sementara di ruang kokpit, para kru dihadapkan pada serangkaian tombol yang membingungkan dan lampu peringatan berwarna kuning.  Mereka melihat kecepatan udara melambat dan menurunkan pesawat 747 dengan lambat.

“Kami sama sekali tidak tahu apa yang terjadi,” kata Kapten Moody. “Kami harus berpikir di luar kebiasaan – itu sangat membingungkan.”

Pada ketinggian 26.000 kaki, peringatan tekanan kabin dibunyikan dan kru mengenakan masker. Namun topeng FO terlepas di tangannya, memaksa Kapten Moody turun secara darurat.

Mr Ewen ingat para penumpang mati rasa karena ketakutan, yang berubah menjadi kengerian ketika upaya berulang kali gagal untuk menghidupkan kembali mesin menyebabkan bahan bakar muncrat ke belakang, yang kemudian tersulut oleh api St Elmo yang menari-nari di sekitar sayap.

Saat 747 mencapai ketinggian 14.000 kaki, Kapten Moody mengatakan dia mulai mempertimbangkan pendaratan di air.

“Saya pikir kita masih punya 10 menit lagi untuk meluncur. Perenungan saya dipatahkan oleh kegembiraan kru lainnya saat nomor empat dimulai.”

Dalam waktu 90 detik, tiga mesin lainnya hidup kembali. Speedbird 9 diizinkan menuju Jakarta tetapi ada komplikasi yang diceritakan Kapten Moody.

“Kami mengalami kesulitan besar dalam mengambil lampu dan yang tidak kami sadari adalah jendela depan hampir buram karena abu.”

Pendaratan – meski banyak kendala – berjalan lancar dan disambut dengan “tepuk tangan meriah dan sorak-sorai dari para penumpang”, kata Ewen.

Ya akhirnya pesawat British Airways 747 itu bisa mendarat dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

Ini adalah salah satu kisah paling menegangkan dalam sejarah penerbangan dunia. Kini sang pilot, Kapten Eric Moody telah tiada. 

Kapten Eric Moody (84), dikabarkan meninggal dunia pada 20 Maret 2024 lalu. Eric meninggal di rumahnya di Inggris. Berita meninggalnya Kapten Eric Moody ini diunggah akun X @OnDisasters.

"Sad to hear on the passing of Eric Moody, the hero pilot of BA Flight 9, a 747 that lost all engines due to volcanic ash," tulis akun tersebut.

Kapten Moody bertugas di British Airways selama 32 tahun. Eric Moody pensiun pada tahun 1996 dengan lebih dari 17.000 jam terbang. 

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #neraka #menit #langit #jakarta

KOMENTAR