Polri Bagikan 6 Tips Aman saat Mudik Lebaran
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko./Humas Polri
17:48
22 Maret 2024

Polri Bagikan 6 Tips Aman saat Mudik Lebaran

  - Dalam beberapa hari kedepan, masyarakat akan melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga.   Saat arus mudik, kondisi jalan terutama yang merupakan jalan lintas kota atau lintas provinsi, hampir dipastikan mengalami kemacetan karena meningkatnya volume kendaraan.   Selain itu, masyarakat juga membutuhkan biaya yang cukup besar dan kondisi tubuh prima saat perjalanan mudik. Maka dari itu, dikutip dari laman Humas Polri, korps kepolisian membagikan sejumlah tips bagi masyarakat agar mudik menjadi lebih nyaman.  

  1. Siapkan diri dan kendaraan   Sebelum menempuh perjalanan panjang untuk mudik, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, mulai dari kondisi mesin, bensin, ban, hingga lampu.   Pastikan juga kondisi badan juga dalam keadaan prima, apalagi perjalanan tersebut mengharuskan untuk mengemudi sendiri. Jika kondisi kurang prima, ada baiknya menunda dahulu perjalanan.   2. Siapkan saldo e-toll yang cukup   Saldo e-toll wajib tersedia jika akan mudik lewat jalan tol agar memudahkan saat melewati gerbang tol.    Jika saldo e-toll tidak cukup dan sudah terlanjur berada di antrian gerbang tol, maka bisa membuat antrian jadi lebih panjang.   3. Patuhi peraturan lalu lintas  

  Selama menempuh perjalanan, patuhilah rambu-rambu lalulintas dan arahan petugas di lapangan, agar menghindari kecelakaan baik bagi diri sendiri maupun pengendara lain.   4. Utamakan keselamatan   Meskipun ingin segera sampai tujuan agar bisa secepatnya bertemu keluarga atau sanak saudara, pemudik janganlah memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.   Bagaimanapun juga, berkendara dengan kecepatan sedang akan memudahkan pemudik untuk selalu waspada dan menghindari kecelakaan.   5. Istirahatlah jika lelah    Jika badan mulai terasa lelah saat menempuh perjalanan, lebih baik cari tempat untuk menepi agar bisa beristirahat, misalnya rest area, minimarket,pom bensin, hingga masjid.Jangan memaksakan diri untuk terus menerus mengemudi.   6. Berdoa sebelum berangkat   Jangan lupa berdoa memohon keselamatan sebelum berangkat karena dengan berdoa, perjalanan akan lebih tenang dan lancar sampai tujuan.   Selain memberi tips, Polri juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik, karena spesifikasi kendaraan roda dua bukan untuk perjalanan jauh.   “Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua pada saat melakukan mudik lebaran, dikarenakan spesifikasinya tidak untuk perjalanan jauh, dan data tahun lalu kendaraan roda dua menyumbang korban kecelakaan lalu lintas tertinggi termasuk korban meninggal dunia,” ujar Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko seperti dikutip dari laman Humas Polri.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #polri #bagikan #tips #aman #saat #mudik #lebaran

KOMENTAR