Hari Air Sedunia 2024, Kenali 10 Fakta Unik, Makna dan Cara Memperingatinya
Ilustrasi Hari Air Sedunia. (iStockphoto/kowition)
21:56
21 Maret 2024

Hari Air Sedunia 2024, Kenali 10 Fakta Unik, Makna dan Cara Memperingatinya

 – Hari Air Sedunia (World Water Day) merupakan hari yang diperingati sebagai bentuk untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya air bersih untuk kehidupan. Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret.

Dilansir dari laman Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, peringatan hari air sedunia dicetuskan pertama kali pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember di Rio de Janeiro, Brasil.

Dikutip dari laman Indonesia Environment Energy Center, terdapat beberapa fakta unik terhadap air yang merupakan sumber kehidupan kita diantaranya :

  1. Krisis air berada pada posisi nomor satu sebagai tantangan global yang akan dihadapi satu dekade mendatang (Global Economi Forum)
  2. Dari semua air yang tersedia di bumi, kurang dari 1 % yang tersedia untuk dikonsumsi oleh tanaman, manusia dan hewan.
  3. Air ada di Bumi karena atmosfer yang dapat menjaganya tetap cair, tidak hancur oleh radiasi matahari
  4. 97,5 % air di Bumi adalah air asin, sedangkan 2,5 % adalah air tawar.
  5. Dengan pertumbuhan massif populasi Bumi, permintaan terhadap air juga akan mengalami kenaikan serta berujung pada kelangkaan air di depan mata kecuali konsumsi kita diubah.
  6. Perubahan iklim juga memberi ancaman bagi persediaan air
  7. Ilmuwan mengatakan ada kemungkinan para penjelajah antariksa di masa depan bisa minum air es bulan yang dicairkan dan mengubahnya menjadi oksigen atau bahan bakar perjalanan ke Mars.
  8. Setiap 90 detik seorang anak meninggal karena penyakit yang berkorelasi dengan air
  9. Sekitar 1,5 miliar orang di dunia bekerja di sektor yang terkait dengan air.
  10. Di Afrika dan Asia, perempuan dan anak-anak berjalan rata-rata 3,7 mil per hari hanya untuk mengumpulkan air.

Dalam peringatan Hari Air Sedunia biasanya setiap tahun mengangkat tema yang berbeda-beda namun makna dan tujuan tetap mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya air bersih untuk kelangsungan hidup.

Adapun cara untuk memperingati Hari Air Sedunia ini tentu berbeda-beda. Dilansir dari laman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, untuk memperingati Hari Air Sedunia melakukan Gerakan mengembalikan lingkungan bersih Bersama HTML.

Dikutip dari laman Universitas Indonesia, dalam memperingati Hari Air Sedunia Fakultas MIPA membuat beberapa kebijakan konservasi air bersih.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan, mengkonsumsi, mengelola air dengan baik demi menjaga keberlangsungan hidup.

Dalam laman tersebut dijelaskan bahwa ada beberapa kebijakan yang disampaikan oleh Dekan FMIPA UI diantaranya :

  1. Memanfaatkan air daur ulang
  2. Membuat penampungan air hujan dalam ground tank sebagai sumber cadangan air bersih
  3. Memperbaiki fungsi bak kontrol
  4. Memelihara danau UI sebagai sumber cadangan air bersih. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #hari #sedunia #2024 #kenali #fakta #unik #makna #cara #memperingatinya

KOMENTAR