Raup Suara Terbanyak di Pemilu 2024, Said Abdullah Janji Terus Suarakan Madura
Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah
15:24
20 Maret 2024

Raup Suara Terbanyak di Pemilu 2024, Said Abdullah Janji Terus Suarakan Madura

- Di mata pengamat politik Adi Prayitno, didudukinya posisi teratas calon anggota legislatif (caleg) dengan suara terbanyak oleh M.H. Said Abdullah menunjukkan kekuatan figur ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (PDIP Jatim) itu di Madura.

Sekaligus juga memperlihatkan keberhasilannya mengonsolidasi kekuatan politik pemilih di Pulau Garam. ”Pak Said membuktikan bahwa Madura itu merah. Madura bisa jadi kandang banteng di Pileg 2024 ini,” ucap Adi kepada Jawa Pos Radar Madura.

Sampai dengan pukul 20.00 tadi malam, Said yang bertarung di Dapil (Daerah Pemilihan) Jatim XI yang meliputi empat kabupaten di Madura mengumpulkan 528.815 suara. Disusul Achmad Baidowi dari PPP yang juga berasal dari dapil yang sama dengan 359.189 suara. Tempat ketiga caleg pengumpul suara terbanyak Dedi Mulyadi dari Gerindra yang bertarung di Dapil Jabar VII dengan 355.710 suara.

Sementara Hillary Brigitta Lasut, caleg dari Demokrat, tercatat sebagai caleg perempuan dengan raihan suara terbanyak. Mengungguli Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Di klasemen keseluruhan, Brigitta berada di posisi kelima caleg dengan suara terbanyak di bawah Ibas Yudhoyono. Tapi, tentu hasil resmi semua caleg masih harus menunggu pengumuman dari KPU.

Dikonfirmasi secara terpisah oleh Jawa Pos Radar Madura, Said menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Pulau Garam. ”Itu semua tidak terlepas dari kerja keras tim. Juga dukungan dari masyarakat Madura dan para tokoh yang tetap konsisten memilih saya,” katanya.

Politikus yang biasa dipanggil Buya Said tersebut mengaku bersyukur perolehan suaranya sangat fantastis. Itu mengindikasikan bahwa masyarakat Madura tetap memercayai dirinya sebagai wakil mereka di DPR.

Said pun berjanji akan terus menyuarakan kepentingan masyarakat Madura. ”Doakan terus, insya Allah saya akan terus di depan untuk mengawal kepentingan masyarakat Madura. Dan, itu sudah saya buktikan selama menjadi anggota dewan,” ucapnya.

Delapan politikus yang akan mewakili masyarakat Madura di Senayan adalah Said Abdullah, Achmad Baidowi, Syaifiuddin, Hasani bin Zuber, Imron Amin, Eric Hermawan, Slamet Ariyadi, dan Willy Aditya. Dari delapan nama itu, hanya Eric Hermawan yang merupakan pendatang baru.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur MH Said Abdullah

Pengamat politik Imadoeddin menilai Said yang di Pemilu 2019 menjadi peraih suara terbanyak ketiga di partainya telah belajar banyak menghadapi Pemilu 2024. ”Beliau benar-benar melihat, belajar, dan menganalisis dari pemilu sebelumnya bagaimana strategi yang lebih mapan untuk mendongkrak perolehan suara,” jelasnya.

Imadoeddin melihat kontestasi pada pemilu kali ini tidak terpusat pada partai, tapi kontestasi caleg. ”Ini pembelajaran baru, tapi polanya nyaris sama, khususnya di Jatim,” katanya. (di/jup/c9/ttg)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #raup #suara #terbanyak #pemilu #2024 #said #abdullah #janji #terus #suarakan #madura

KOMENTAR