Prabowo-Gibran Sementara Unggul di 34 Provinsi, Anies-Muhaimin 2 Provinsi, Ganjar-Mahfud Nihil
Tiga pasangan calon presiden di Pemilu 2024. (Jawa Pos)
14:40
20 Maret 2024

Prabowo-Gibran Sementara Unggul di 34 Provinsi, Anies-Muhaimin 2 Provinsi, Ganjar-Mahfud Nihil

– Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menuntaskan rekapitulasi suara nasional hari ini (20/3).

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hampir pasti bakal ditetapkan secara resmi sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Hingga berita ini ditulis tadi malam (19/3), KPU telah menuntaskan rekapitulasi untuk 36 provinsi dari 38 provinsi di Indonesia. Hasilnya, Prabowo mendominasi di 34 provinsi. Dua provinsi yang gagal dimenangkan adalah Aceh dan Sumatera Barat. Kemenangan di dua provinsi itu diraih pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Sementara itu, dua provinsi lain, yakni Papua dan Papua Pegunungan yang batal menjalani rekap kemarin, ditargetkan tuntas hari ini. Dua provinsi itu harus menjalani penetapan hingga hari terakhir karena rekapitulasi di tingkat KPU provinsi baru tuntas kemarin petang.

Komisioner KPU Mochammad Afifuddin menjelaskan, situasi di Papua Pegunungan kurang kondusif. Sehingga pleno penetapan provinsi harus dilakukan di Jayapura. Sementara Provinsi Papua kemarin masih menyisakan rekap untuk Kota Jayapura. Proses itu memakan waktu hingga petang. Sesuai jadwal, jajaran KPU Papua dan KPU Papua Pegunungan terbang ke Jakarta dari Jayapura pada pukul 22.00 tadi malam.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan, kemungkinan rekapitulasi dua provinsi tersebut digelar pukul 10 pagi hari ini. Dengan range waktu tersebut, Idham meyakini akan tuntas sesuai ketentuan, yakni 20 Maret. ”Insya Allah sesuai rentang waktu diberikan oleh UU Pemilu,” ujarnya kemarin.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto juga menegaskan bahwa KPU bakal mengumumkan hasil Pemilu 2024 sesuai jadwal, yakni hari ini. Dia yakin KPU mampu menyelesaikan rekapitulasi suara tepat waktu. ”Kita doakan saja semua lancar sampai tanggal 20 Maret, tepat waktu diumumkan hasil pemungutan suara,” tutur pejabat yang pernah bertugas sebagai panglima TNI itu.

Sampai kemarin, Hadi menyampaikan bahwa kondisi dan situasi pascapemilu dalam keadaan baik. Kondusivitas masih terjaga sesuai dengan harapan. ”Sebagaimana yang saya sampaikan minggu lalu bahwa saat ini kondisinya adalah kondusif dan aman,” ucap dia.

Hadi memastikan bahwa situasi itu akan terus dijaga sampai seluruh tahapan pemilu selesai. Dia percaya tensi politik bakal turun seiring berakhirnya semua tahapan pemilu (far/syn/lum/lyn/c9/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #prabowo #gibran #sementara #unggul #provinsi #anies #muhaimin #provinsi #ganjar #mahfud #nihil

KOMENTAR