Gaduh Jersey Baru Timnas Indonesia, Ini Jersey Terburuk Timnas Sepanjang Sejarah
Pemain timnas Indonesia Egy Maulana Vikri merepresentasikan jersei, Senin (18/03/2024). (ANTARA/X/Timnas Indonesia)
08:16
19 Maret 2024

Gaduh Jersey Baru Timnas Indonesia, Ini Jersey Terburuk Timnas Sepanjang Sejarah

PSSI resmi merilis jersey baru Timnas Indonseia yang diproduksi oleh Jenama Erspo. Jersey baru timnas Indonesia itu menurut ketum Erick Thohir menjadi inspirasi dan semangat baru bagi penggawa Merah Putih.

Jersey baru timnas Indonesia ini akan digunakan untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala Asia U-23 hingga Piala AFF U-17.

"Terus terang saya bangga dengan jersey timnas baru ini. Inspirasinya sangat kuat, baik dari soal sejarah dan memasukkan unsur suporter yang menjadi pendukung setia timnas. Saya berharap jersey baru ini menjadi pemicu semangat laga-laga timnas," kata Erick Thohir, Senin (18/3).

Sayangnya jersey baru Timnas Indonesia itu panen pro kontra di kalangan publik. Di platform media sosial X, netizen gaduh mengomentari soal kualitas dan desain jersey Timnas Indonesia tersebut.

Tak hanya soal desain dan kualitas jersey Timnas Indonesia, netizen juga menyoroti acara launching yang disebut mirip-mirip deklarasi capres hingga harus mendapat 'sokongan' dari figur publik.

Soal inspirasi jersey baru Timnas Indonesia ini pun jadi sorotan. Jersey baru Timnas Indonesia terinspirasi dari kostum timnas Merah Putih saat mengalahkan Jepang, 2-0 di laga persahabatan di Stadion Utama GBK, Senayan, 24 Februari 1981.

Terlepas dari pro dan kontra netizen soal jersey baru timnas Indonesia yang dianggap buruk, sepanjang sejarahnya sejumlah negara juga pernah alami hal serupa. Berikut deretan jersey terburuk timnas sepanjang sejarah

Jersey Meksiko 1994

Pada perhelatan Piala Dunia 1994, salah satu kontestan Meksiko jadi sorotan karena jersey yang mereka gunakan. Jersey yang dikenakan oleh Jorge Campos dkk dianggap paling buruk sepanjang sejarah.

Jersey Meksiko 1994 memiliki desain dengan pola dasar dan strip yang dianggap menjijikan dan tidak jelas. Kombinasi warna utamnya pada jersey kiper terlihat saling bertabrakan.

Pada jersey kiper Meksiko tunjukkan desian segitiga seperti petir dengan kombinasi warna hijau, orange dan kuning neon. Kondisi ini membuat Jorge Campos terlihat nyentrik saat berada di lapangan hijau.

Jersey Meksiko 1998

Empat tahun setelah Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, Meksiko kembali menjadi sensasi di Prancis 1998. Mereka datang dengan jersey warna hijau. Yang jadi pusat perhatian publik saat itu, ada gambar wajah di tengah jersey.

Usut punya usut, gambar wajah itu ternyata wajah dewa Aztec, salah satu suku terbesar di Meksiko. Namun sayangnya bagi publik saat itu, gambar wajah di tengah jersey yang full warna hijau terlihat aneh.

Dikutip dari berbagai sumber, penempatan gambar wajah dewa di jersey itu pun dengan alasan tidak jelas. Perancang jersey Meksiko menyebut bahwa hal itu dibiarkan untuk tetap menjadi misteri.

Kamerun 2002

Pada Piala Dunia Jepang-Korsel 2002, salah satu negara peserta dari benua Afrika, Kamerun datang dengan jersey yang menarik perhatian publik. Soal jersey Kamerun di Piala Dunia 2002 menimbulkan perdebatan, ada pihak yang anggap ini jersey terburuk, namun tak sedikit yang menyebutnya salah satu jersey unik.

Bagaimana tidak jersey Kamerun di Piala Dunia 2002 lebih terlihat seperti kostum pebasket. Ya, timnas Kamarun yang saat itu diperkuat oleh Samuel Eto'o mencoba tampil beda dengan jersey mereka.

Skuat Kamerun tampil dengan jersey tanpa bagian lengan seperti kaos kutang. FIFA pun kemudian membuat keputusan pelarangan jersey itu dipakai. Kamerun tak habis akal, mereka malah menambahkan kaos oblong di bagian lengan yang membuat mereka dicemooh publik.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #gaduh #jersey #baru #timnas #indonesia #jersey #terburuk #timnas #sepanjang #sejarah

KOMENTAR