Siap-siap, Upacara 17 Agustus 2024 Bakal Digelar Perdana di Ibu Kota Nusantara
Presiden Jokowi saat melakukan ground breaking pembangunan RSUP di IKN. [Ist]
13:56
18 Maret 2024

Siap-siap, Upacara 17 Agustus 2024 Bakal Digelar Perdana di Ibu Kota Nusantara

Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan saat ini IKN masih melalui proses pembangunan tahap I. Ia menyebut salah satu momen yang paling penting dalam masa pembangunan tahap awal itu adalah Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Bambang saat rapat dengar pendapat (RDP)n dengan Komisi II DPR RI, Senin (18/3/2024)

"Pemindahan tahap awal hingga akhir tahun ini, di mana salah satu yang penting adalah akan adanya satu perayaan HUT ke-79 Indonesia di IKN pada tanggal 17 Agustus 2024," ujar Bambang di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat.

Pembangunan tahap pertama IKN ditargetkan selesai hingga akhir tahun 2024. Bambang menerangkan, setelah itu IKN akan melewati proses pembangunan sebanyak empat kali.

Rapat dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan Kepala Otoritas Bambang Susantono. (Suara.com/Rakha)Rapat dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan Kepala Otoritas Bambang Susantono. (Suara.com/Rakha)

"Namun setelah itu 20 tahun setelah itu hingga 2045 akan ada empat tahap masing-masing tahap lima tahunan kita melihat satu pembangunan yang harus berkelanjutan," ucap Bambang.

Progres IKN

Dalam kesempatan itu pula, Bambang melaporkan perkembangan pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN. Bambang menyebut Istana Presiden di IKN sudah hampir setengah rampung.

"Pada akhir Februari Istana Presiden yang kita lihat paling sebelah kiri dan lapangan upacara antara gambar dan kenyataan di lapangan. Progres di lapangan kita bisa lihat di situ (58,531 persen) dengan target selesai Oktober 2024," jelas Bambang.

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono. [Istimewa]Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono. [Istimewa]

Bambang juga menyebut simbol Burunng Garuda yang ada di Kantor Presiden dalam tahap penyelesaian. Targetnya, Kantor Kepresidenam akan selesai dibangun pada Oktoner nanti.

"Gedung Kantor presiden juga terlihat di situ, bilah-bilah dari Garuda-nya Insyaallah sudah mulai terpasang dan makin lama akan terlihat secara jelas sayap dari Garuda itu akan mewarnai dari gedung Kantor Presiden (78,648 persen target selesai Oktober 2024)," imbuhnya.

Selain itu, ada pula laporan tentang progres pembangunan Gedung Sekretariat Presiden. Bambang mengatakan gedung tersebut ditargetkan sudah mulai rampung pada Agustus mendatang.

Foto dari atas pembangunan proyek IKN. [ANTARA]Foto dari atas pembangunan proyek IKN. [ANTARA]

"Gedung Sekretariat Presiden itu progresnya 65 persen dan Insyaallah dalam hitungan bulan nanti pada bulan Agustus kita harapkan ini sudah paling enggak mendekati semuanya 90 persen atau mendekati penyelesaiannya," jelas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan kendala yang dialami oleh pihak Otoritas IKN selama proses pembangunan.

"Memang tantangannya luar biasa di lapangan karena misalnya begitu hujan itu sudah kita harus menunggu, untuk ngecor begitu ya cuaca faktor cuaca. Kemudian juga faktor logistik segala macam yang berhubungan dengan konstruksi ada di lapangan," tuturnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #siap #siap #upacara #agustus #2024 #bakal #digelar #perdana #kota #nusantara

KOMENTAR