Jusuf Hamka Sarankan Makan Siang Gratis Tak Dikelola Dinsos dan Dinas Pendidikan, Ini Alasannya
Pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka. [ANTARA/Livia Kristianti]
13:24
13 Maret 2024

Jusuf Hamka Sarankan Makan Siang Gratis Tak Dikelola Dinsos dan Dinas Pendidikan, Ini Alasannya

Makan siang gratis untuk anak sekolah menjadi program andalan pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pengusaha Jusuf Hamka menilai makan siang gratis untuk anak sekolah merupakan program yang bagus.

"Makan gratis bagus ya kan. Daripada duitnya dibuat ke yang lain-lain, mending buat rakyat ya kan," ujar Jusuf Hamka seperti dalam video yang diunggah akun TikTok @kuningemass seperti dilihat Suara.com, Rabu (13/3/2024).

Namun demikian, dia memberikan saran kepada pemerintahan Prabowo-Gibran apabila nanti benar-benar telah terpilih. Sebaiknya program makan siang gratis jangan diserahkan ke dinas sosial (dinsos) maupun dinas pendidikan.

"Tapi makan gratis itu harus pakai pola seperti tidak boleh memberikan kepada dinas sosial atau dinas pendidikan yang memasaknya (atau) membikin katering. Tidak. Harus beli dari warung setempat," katanya.

Jusuf Hamka memberi masukan agar program tersebut juga melibatkan warung atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar sekolah.

Dia yakin dengan begitu dapat membantu membangkitkan perekonomian UMKM di Indonesia.

"Karena warung tempat butuh hidup jadi siswa juga terbantu dengan sendirinya masyarakat dan juga pedagang terbantu karena UMKM ini yang terdepan," katanya.

Jusuf Hamka yang merupakan pengusaha jalan tol itu menyebut, pengalaman saat pandemi Covid-19 bisa menjadi pelajaran untuk membangkitkan ekonomi Indonesia dengan menggerakkan UMKM.

"Kita sudah membuktikan selama covid UMKM kita luar biasa dan merekalah adalah soko guru ekonomi kita," tegasnya.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #jusuf #hamka #sarankan #makan #siang #gratis #dikelola #dinsos #dinas #pendidikan #alasannya

KOMENTAR