Menko PMK Muhadjir Effendy Hadiri Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menghadiri Tawur Agung Kesanga di Prambanan. (Istimewa)
06:24
11 Maret 2024

Menko PMK Muhadjir Effendy Hadiri Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

–Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menghadiri Tawur Agung Kesanga di Prambanan. Candi Prambanan kini telah ditetapkan sebagai tempat ibadah umat Hindu Indonesia dan dunia. Menteri mengapresiasi Prambanan sebagai simbol toleransi.

”Candi Prambanan merupakan simbol toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman yang dimiliki masyarakat Indonesia,” ujar Muhadjir Effendy.

Ketua Umum PH PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan, tema Nyepi yaitu Sat, Cit, Ananda untuk Indonesia Jaya. Sat artinya satya, kebenaran. Kebenaran adalah Dharma, sehingga semua harus benar, harus Dharma. Dharma yatra, Dharma dana, dharma yudha. Pergi ke tempat-tempat benar, uangnya diperoleh dengan benar, bertempur dengan cara yang benar, dan lain sebagainya.

”Cit adalah kesadaran dan Ananda adalah kesukacitaan. Ketiganya penting untuk menciptakan umat yang berkualitas dan Indonesia yang jaya,” papar Wisnu Bawa Tenaya, mantan Danjen Kopassus itu.

Ketua Umum Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Brigjen TNI I Ketut Gede Wetan Pastia menjelaskan, rangkaian kegiatan perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946 terdiri atas Makerti Ayuning Segara, Baksos, Tawur Agung, seminar, dan saka yoga festival.

”Puncaknya nanti Dharma Santi Nasional,” terang Brigjen TNI Wetan.

Sementara itu, Sekretaris Umum PHDI I Ketut Budiasa menyampaikan apresiasi kepada panitia dan semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan Tawur Agung Nasional tersebut. Hadir 5 Pandita di antaranya Dharma Adhyaksa PHDI dan Ida Pandita Mpu Acharyananda untuk muput.

”Ida Pandita Mpu Acharyananda memberikan Dharma Wacana, membuat Tawur Agung kali ini memiliki bobot yang luar biasa. Terima kasih kami sampaikan kepada Dirjen Bimas Hindu yang sudah mendukung sehingga acara berjalan lancar dan Ketua Umum PSN yang terus mendukung dan berkoordinasi sehingga semua kendala di lapangan bisa diatasi,” ujar I Ketut Budiasa.

Ritual Tawur Agung berlangsung pada Minggu (10/3) mulai pukul 11.00 hingga 13.00 WIB. Acara berlangsung lancar dan khusuk, dipandu Ketua Umum PSN sekaligus Koordinator Bidang Ritual Panitia Perayaan Hari Suci Nyepi Nasional Gede Pastika.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #menko #muhadjir #effendy #hadiri #tawur #agung #kesanga #candi #prambanan

KOMENTAR