Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan dan Lebaran, Jokowi: Harga Itu Akan Turun Banyak
Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3/2024). (Suara.com/Novian)
15:12
4 Maret 2024

Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan dan Lebaran, Jokowi: Harga Itu Akan Turun Banyak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan stok beras dalam keadaan aman menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran mendatang. Sehingga kata Jokowi, tidak ada masalah terkait persedian beras.

"Ini mau Lebaran sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting. Untuk beras, saya kira stoknya nggak ada masalah dan bahan-bahan yang lainnya nanti akan secara detail akan saya lihat di lapangan," tutur Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3/2024)

Jokowi mengklaim kekinian harga beras yang sempat dikeluhkan masyarakat sudah mulai turun, setidaknya penurunan harga terjadi di Pasar Induk Cipinang dan Pasar Johar Karawang. Ia berharap harga akan turun menjelang panen raya.

"Dan kita harapkan karena panen raya ini akan di lapangan mulai panen dan panen raya segera mungkin dalam satu bulan ke depan akan terjadi, saya kira harga itu akan turun banyak," kata Jokowi.

"Gabah juga saya mendapat informasi di lapangan sudah turun, tetapi juga jangan drastis karena petani juga perlu diberikan ruang keuntungan," sambungnya.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan harga beras di sejumlah pasar induk sudah mengalami penurunan.

Jokowi menyebut harga turun itu terjadi di dua pasar induk, yakni di Cipinang dan di Karawang.

"Ditanyakan saja. Tolong berbondong-bondong ke Pasar Induk Beras Cipinang dan juga ke pasar beras di Pasar Johar Karawang, dilihat di lapangan sudah turun," kata Jokowi.

Meski begitu, harga tersebut tidak berlaku secara merata di seluruh wilayah. Sebab harga di dua pasar induk tersebut tidak merepresentasikan harga beras di wilayah lain.

"Tapi memang itu tidak merepresentasikan harga-harga di seluruh tanah air, di beberapa provinsi," kata Jokowi.

Jokowi Klaim Harga Beras Turun di Pasar Induk, Begini Kelakar Pedagang Bekasi [Suara.com/Mae Harsa]Jokowi Klaim Harga Beras Turun di Pasar Induk, Begini Kelakar Pedagang Bekasi [Suara.com/Mae Harsa]

Jokowi menegaskan sekali lagi perihal naik-turunnya harga beras agar dicek langsung ke lapangan, yakni ke pasar-pasar terkait, semisal Pasar Induk Cipinang

Hal itu disampaikan Jokowi dalam tanya jawab di konferensi pers sesaat sebelum kepala negara lawatan ke Australia.

Jokowi menegaskan agar jangan lagi ditanyakan kepada dirinya menyoal harga beras. Tetapi langsung dicek di pasar.

"Coba dicek semuanya. Dicek langsung, jangan ditanyakan ke saya. Meskipun saya tahu, setiap hari harga itu naik turunnya saya tahu. Tapi tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana, ya," tutur Jokowi.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #pastikan #stok #beras #aman #jelang #ramadhan #lebaran #jokowi #harga #akan #turun #banyak

KOMENTAR