IFSR Terpilih Jadi Lembaga Pertama dari Indonesia yang Tergabung dalam SMC PBB
ILUSTRASI Pengunjung berbelanja telur pada kegiatan Gerakan Pangan Murah di Lapangan Seskoad, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (16/10/2023). 
13:55
4 Maret 2024

IFSR Terpilih Jadi Lembaga Pertama dari Indonesia yang Tergabung dalam SMC PBB

- Indonesia Food Security Review (IFSR) adalah sebuah lembaga pemikiran strategis yang mengkaji isu seputar ketahanan pangan di Indonesia.

IFSR mengumumkan resmi bergabung ke dalam School Meals Coalition (Koalisi Makanan Sekolah) yang berada dalam naungan PBB.

Lebih dari 95 negara telah bergabung dengan School Meals Coalition dimana  IFSR terpilih sebagai lembaga pertama dari Indonesia yang bergabung.

I Dewa Made Agung Kertha Nugraha, Direktur Eksekutif di IFSR, mengatakan tujuan School Meals Coalition adalah meningkatkan kualitas hidup anak-anak melalui program makanan sekolah, dengan harapan bahwa setiap anak akan memiliki akses terhadap makanan sehat dan bergizi pada tahun 2030.

Koalisi ini terdiri dari berbagai entitas seperti Akademia dan pemikiran strategis (Think Tanks), Yayasan dan Jaringan, Organisasi Multilateral, Bank Pembangunan, Lembaga Keuangan Internasional, LSM, Badan Regional, dan Kota, serta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Komitmen IFSR untuk memperjuangkan makanan sekolah gratis secara mulus sejalan dengan tujuan School Meals Coalition.

Dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan gizi dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda Indonesia, IFSR telah memulai program sukses yang menyediakan makan siang gratis dan susu untuk sekolah-sekolah di Sukabumi.

"Melalui program ini, yang mencakup 15 sekolah dan melayani 3500 porsi makanan dan susu gratis dalam 30-45 sesi, IFSR telah menunjukkan dampak nyata dari inisiatif makanan sekolah," ujar I Dewa Made Agung Kertha Nugraha, Senin (4/3/2024).

Menurut dia kesuksesan ini disebabkan oleh keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, termasuk 8 pemasok dan distributor makanan, 1 konsultan gizi, dan 28 karyawan yang berdedikasi.

Sebagai bagian dari School Meals Coalition, IFSR akan memiliki akses ke jaringan global rekan kerja dan pemangku kepentingan yang berdedikasi untuk memperkuat sistem makanan sekolah di seluruh dunia.

Pertemuan dan acara reguler yang diselenggarakan oleh koalisi ini akan memberikan kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, tentang perkembangan penting di bidang pemenuhan nutrisi bagi anak sekolah.

“Kami sangat bangga bergabung dengan School Meals Coalition dan berkontribusi pada upaya bersama untuk memastikan bahwa semua anak memiliki akses terhadap makanan bergizi di sekolah," kata I Dewa Made Agung Kertha Nugraha.

"Dengan berkolaborasi dengan organisasi dan pemangku kepentingan yang sejalan, kami yakin bahwa kami dapat membuat langkah signifikan menuju peningkatan keamanan pangan dan hasil gizi untuk generasi muda Indonesia," ujarnya menambahkan.

IFSR mengucapkan terima kasih kepada School Meals Coalition atas sambutan hangatnya dan berharap dapat bekerja sama dengan anggota lainnya untuk mendorong tujuan bersama dalam mempromosikan keamanan pangan, kesehatan, dan kesejahteraan bagi anak-anak secara global.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #ifsr #terpilih #jadi #lembaga #pertama #dari #indonesia #yang #tergabung #dalam

KOMENTAR