Megawati Ngaku Tak Punya HP, Singgung James Bond
Momen Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat pengumuman bakal calon kepala daerah di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024). 
20:43
28 Oktober 2024

Megawati Ngaku Tak Punya HP, Singgung James Bond

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberkan alasannya tidak memiliki handphone (HP).

Berbicara pada acara peresmian sekertariat baru DPP Merah Putih di Jalan Sumatera, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024), Megawati mengaku tak memiliki handphone karena kerap kali disadap.

"Saya enggak punya HP lho, tahu enggak kenapa saya enggak punya HP? Karena saya adalah orang yang paling disadap di Indonesia," ucap Megawati dikutip dari Kompas.com.

Megawati tidak mengungkapkan pihak mana yang menyadap ponselnya.

Namun demikian dia mengaku bingung, mengapa ponselnya kerap kali disadap.

"Keren toh? Kayak James Bond. Enggak percaya? Tanya sana dah, sama tukang-tukang sadap," terang Megawati.

James Bond dimaksud  adalah agen intelejen rahasia dengan nomor kode 007.


Karakter fiksi dalam film-film Hollywood ini dalam setiap filmnya adalah superhero dan menjalankan aksinya menggunakan perangkat-perangkat canggih seperti penyadapan dan sebagainya.

Megawati juga bercerita, dia kerap menghubungi langsung pihak yang menyadapnya ketika dia mulai kesal.

"Kalau saya sudah mulai jengkel, saya ambil telepon 'halo, halo, sudah mulai sadapnya?'," ucap Megawati.

Namun, saat dihubungi Megawati, pihak yang menyadap handphone kerap kali tidak memberi jawaban.

"Masa sama ibu saja kalah, kalau sudah didengar tuh saya justru kasihan," tutur Megawati.

Megawati menyampaikan cerita itu saat memberi sambutan di peresmian sekretarian baru DPP Merah Putih di Jalan Sumatera, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. 

Ciri-ciri HP Disadap

Handphone (HP) mudah sekali untuk diretas atau disadap. Ada ciri-ciri khusus saat hp sedang disadap seseorang.

Handphone yang disadap, biasanya menggunakan jaringan seluler atau perangkat lunak melalui aplikasi seluler agar mengikuti aktivitas dan memantau percakapan.

Ahli IT Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Taufiqurrahman dikutip dari Kompas.com membagikan 8 ciri-ciri jika Handphone disadap

Ciri-ciri ini perlu diperhatikan agar bisa mengambil langkah selanjutnya.

Apa saja ciri-ciri handphone disadap?

1. Suara tidak biasa

Hal pertama yang menjadi ciri khas penyadapan adalah suara yang tidak biasa selama panggilan telpon.

Taufiq menjelaskan, jika ada suara statis atau suara jauh yang masuk melalui ponsel selama percakapan, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa handphone sedang diintai.

2. Ada masalah saat mematikan handphone

Kedua, mengalami masalah ketika mematikan. Handphone yang tiba-tiba kurang responsif atau sulit dimatikan sangat mungkin mendapatkan akses tidak sah ke ponsel tersebut.

"Saat mematikan telepon, periksa untuk melihat apakah penonaktifan gagal atau apakah lampu latar tetap menyala, bahkan setelah kita menyelesaikan proses penonaktifan. Jika itu masalahnya, pelakunya bisa jadi perangkat lunak berbahaya," tutur Taufiq dilansir dari laman UM Surabaya.

3. Gangguan statis

Ketiga interferensi elektronik. Periksa apakah ada gangguan statis saat tidak sedang menelepon.

Caranya dengan meletakkan ponsel di dekat perangkat elektronik lain. Jika kita mendengar suara yang tidak biasa, itu pertanda bahwa seseorang mendengarkan panggilan kita.

4. Aplikasi pihak ketiga

Ciri lain handphone disadap, adalah adanya aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga adalah sumber potensial untuk malware dan spyware.

Jika kamu baru saja mengunduh aplikasi selain App Store atau Google Play Store, itu bisa jadi penyebab lain dari Malware.

“Berhati-hatilah dengan aplikasi apa pun, terutama game, yang meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan, buku alamat, atau daftar kontak kita,” imbuhnya lagi.

5. Tagihan atau pulsa membengkak

Ciri-ciri lain handphone yang disadap adalah tagihan paket data internet yang tidak wajar.

Jika tagihan paket data internet menunjukkan lonjakan yang luar biasa tinggi dalam penggunaan teks atau data, ini adalah tanda lain bahwa seseorang telah meretas telepon.

"Jika kita baru saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data, itu bisa menjadi alasan yang sah untuk penggunaan data yang tiba-tiba meningkat," katanya.

6. Baterai cepat boros

Mungkin ini terlihat biasa. Tetapi saat kapasitas baterai berkurang drastis bisa jadi itu tanda handphone sedang disadap.

Performa baterai yang berkurang adalah indikasi lain dari ponsel yang disadap. Jika ponsel disadap, maka aktivitas apapun yang dilakukan seseorang bisa diketahui orang lain.

Hal ini meninggalkan jejak dalam bentuk peningkatan penggunaan baterai dan akibatnya baterai kehilangan masa pakai lebih cepat.

7. Menerima SMS aneh

Ketujuh menerima SMS yang tidak biasa. Jika seseorang menerima pesan teks aneh yang berisi angka, simbol, atau karakter acak, hal tersebut adalah fitur remote control.

Fitur tersebut merupakan perangkat lunak yang bekerja dengan mengirimkan pesan teks kode rahasia ke handphone. 

Pada beberapa kasus, fitur ini dapat dilihat jika perangkat lunak tidak bekerja dengan benar dan terjadi secara teratur.

8. Adanya aktivitas aneh

Terakhir, ciri-ciri handphone disadap adalah adanya aktivitas aneh. Cara termudah untuk mendeteksi jika ponsel seseorang disadap adalah dengan memperhatikan aktivitas aneh apa pun yang dialami HP secara tiba-tiba.

“Jika menyala, mati, menyala, atau mengunduh aplikasi dengan sendirinya, artinya perangkat HP sedang dikendalikan oleh peretas,”pungkas Taufiq.

Itulah ciri 8 handphone sedang disadap atau diretas. Jika merasa ada ciri-ciri diatas, segeralah mencari pertolongan kepada orang yang lebih mengetahui cara untuk memutus aksi penyadapan.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #megawati #ngaku #punya #singgung #james #bond

KOMENTAR