Dulu Sempat Salahkan Cuaca, Kini Jokowi Minta Cek Langsung Harga Beras ke Pasar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai menghadiri acara Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). (Suara.com/Novian)
13:40
28 Pebruari 2024

Dulu Sempat Salahkan Cuaca, Kini Jokowi Minta Cek Langsung Harga Beras ke Pasar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku dirinya mendapatkan laporan tiap hari mengenai harga beras. Ia lantas menyarankan ada cek harga langsung di pasar saat ditanya harga beras yang naik.

"Coba dicek. Jangan menginformasikan seperti itu ya," kata Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Ia menyarankan wartawan mengecek langsung harga beras ke sejumlah pasar.

"Coba dicek di Pasar Induk Cipinang, dicek lagi ke Pasar Johar. Ini yang pasar-pasar beras harus dicek," kata Jokowi.

"Coba kalian ke Pasar Cipinang cek harganya turun atau naik, cek di Pasar Johar, Karawang turun apa tidak, naik apa tidak," sambung Jokowi.

Jokowi mengaku dirinya mendapat laporan setiap hari mengenai harga beras.

"Karena harian itu saya cek dan saya selalu dapat angka-angka," ujarnya.

Salahkan Cuaca

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) meninjau persedian beras serta penyerahan bantuan pangan beras cadangan pangan pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di gudang Bulog, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww]Presiden Joko Widodo (kedua kiri) meninjau persedian beras serta penyerahan bantuan pangan beras cadangan pangan pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di gudang Bulog, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww]

Sebelumnya, Jokowi sempat mengomentari perihal kenaikan harga beras.

Dia bilang mahalnya harga beras karena adanya perubahan iklim yang membuat sejumlah wilayah harus mengalami gagal panen.

Jokowi pun mengungkapkan kondisi ini hampir terjadi di seluruh negara di dunia.

"Kenapa naik? Karena ada yang namanya perubahan iklim, ada yang namanya perubahan cuaca sehingga gagal panen, produksi berkurang sehingga harganya jadi naik," kata Jokowi saat memberikan bantuan beras di Gedung Kawasan Pertanian Terpadu, Kota Tangerang Selatan, Banten, Senin (19/2/2024).

Makanya kata Presiden, bansos beras yang digelontorkan pemerintah tentu sangat membantu masyarakat kecil di tengah harga beras yang kian mahal.

"Pemerintah kita membantu bantuan beras ini agar meringankan ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya karena harganya naik tadi," kata Jokowi.

Berdasarkan panel, harga pangan hingga hari ini harga beras terus mengalami kenaikan hingga mencetak rekor tertingginya.

Harga beras premium misalnya telah menyentuh Rp16.090/Kg naik sekitar Rp70 dibandingkan harga kemarin, begitu juga dengan harga beras medium yang saat ini dibandrol Rp14.080/Kg naik Rp90 dibandingkan hari sebelumnya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #dulu #sempat #salahkan #cuaca #kini #jokowi #minta #langsung #harga #beras #pasar

KOMENTAR