Menteri & Wakil Menteri Latihan Baris Berbaris di Akmil Magelang, Berseragam Loreng & Bersih-bersih
Presiden Prabowo Subianto Wakil Presiden Gibran Rakabuming kenakan seragam Komcad ikut latihan baris berbaris di Kawasan Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). 
08:22
25 Oktober 2024

Menteri & Wakil Menteri Latihan Baris Berbaris di Akmil Magelang, Berseragam Loreng & Bersih-bersih

Anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan pembekalan di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). 

Para menteri, wakil menteri, kepala dan wakil kepala badan negara  serta utusan khusus Presiden telah mengikuti senam pagi.

"Iya.  Baru saja selesai olahraga," kata Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni.

Selain olahraga, para pembantu Presiden juga mengikuti latihan baris berbaris seperti yang dilakukan dalam upacara.

Dalam latihan tersebut, para anggota Kabinet mengenakan seragam loreng yang kerap dipakai Komponen Cadangan (Komcad).

"Latihan dasar pelatihan baris berbaris. Ada 6 gerakan dasar saja, yang biasa dilakukan di kementerian bila upacara," katanya.

Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). (Instagram Diaz Hendropriyono)

Menurut Raja Juli, setelah olahraga dan baris berbaris, para anggota Kabinet akan sarapan terlebih dahulu sebelum masuk kepada sesi retreat.

"Sekarang lagi bersih-bersih, sarapan lalu masuk ke sesi," pungkanya.

Pembekalan dan retreat ini diikuti para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus dan Staf Khusus Presiden.  

Mereka  mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi.

Wakil Presiden (Wapres), Gibran Rakabuming Raka juga mengenakan seragam loreng layaknya jajaran menteri di Kabinet Merah Putrih saat pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Adapun pembekalan para menteri, wamen, kepala badan, dan wakil kepala badan bakal digelar mulai hari ini, Jumat (25/10/2024) dan berakhir pada Minggu (27/10/2024). Wakil Presiden (Wapres), Gibran Rakabuming Raka juga mengenakan seragam loreng layaknya jajaran menteri di Kabinet Merah Putrih saat pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Adapun pembekalan para menteri, wamen, kepala badan, dan wakil kepala badan bakal digelar mulai hari ini, Jumat (25/10/2024) dan berakhir pada Minggu (27/10/2024). (Tangkapan layar Instagram)

Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, para peserta retreat juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team total football yang siap menjalankan pemerintahan," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi.

Hasan Nasbi mengatakan alasan pemilihan lokasi di Akmil Magelang.

"Kenapa dilaksanakan di Magelang? Karena ini juga salah satu simbol perjuangan, simbol heroisme di sana," ungkapnya.

"Dan ini memang kita harus patriotik, oleh karena itu memang Kabinetnya dinamakan sebagai Kabinet Merah Putih. Karena patriotisme harus menjadi inti dari perjuangan Kabinet ini," sambungnya.

Penjelasan Prabowo

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengungkapkan alasan mengajak para menteri ke mengikuti pembekalan di Magelang.

"Saudara, saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan, kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan akademi militer," kata Prabowo saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Rabu.

Ia meyakini, pembekalan nanti akan membawa banyak manfaat.

Prabowo menjelaskan, Magelang merupakan kota bersejarah yang dulunya merupakan salah satu tempat perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah.

"Hal itu saya nilai akan membawa banyak manfaat, karena sesungguhnya lahirnya Republik kita memang proklamasi di Jakarta tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik."

"Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," terangnya.

 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #menteri #wakil #menteri #latihan #baris #berbaris #akmil #magelang #berseragam #loreng #bersih #bersih

KOMENTAR