Tak Cuma Menteri, Gibran juga Pakai Seragam Loreng saat Pembekalan di Akmil Magelang
Wakil Presiden (Wapres), Gibran Rakabuming Raka juga mengenakan seragam loreng layaknya jajaran menteri di Kabinet Merah Putrih saat pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Pada momen ini, dia berswafoto dengan Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup, Diaz Hendropriyono. Adapun pembekalan para menteri, wamen, kepala badan, dan wakil kepala badan bakal digelar mulai hari ini, Jumat (25/10/2024) dan berakhir pada Minggu (27/10/2024). 
07:37
25 Oktober 2024

Tak Cuma Menteri, Gibran juga Pakai Seragam Loreng saat Pembekalan di Akmil Magelang

Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, dan seluruh jajaran menteri sudah sampai di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (25/10/2024) kemarin.

Adapun tujuan jajaran Prabowo dan Gibran ke Akmil adalah untuk melakukan pembekalan pasca dilantik menjadi menteri di Kabinet Merah Putih.

Para menteri pun mulai menjalani rangkaian pembekalan mulai hari ini, Jumat (26/10/2024) dan rencananya akan berakhir pada Minggu (27/10/2024).

Mereka juga telah mulai memakai seragam loreng lengkap dengan topi mulai hari ini.

Namun, ternyata seragam loreng tersebut tidak hanya dipakai oleh jajaran menteri saja.

Gibran juga ternyata memakai seragam loreng tersebut. Hal itu diketahui lewat unggahan Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup, Diaz Hendropriyono di akun Instagram pribadinya.

Adapun Gibran tampak berswafoto dengan Diaz dengan mengenakan seragam loreng lengkap dengan topi.

"Komponen cadangan," tulis Diaz dalam unggahan tersebut.


Selain dengan Gibran, Diaz juga mengunggah foto mengenakan seragam loreng bersama Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY); Menteri Koorindator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan; Menteri Investasi dan Hilirisasi, Rosan Roeslani; dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia.

Mereka tampak tengah duduk bersama di mobil golf.

Agenda 3 Hari di Akmil

Sementara, dikutip dari Kompas.com, anggota kabinet memang bakal diberi pembekalan secara semimiliter oleh sejumlah infrastruktur yang biasanya melatih taruna di Akmil Magelang.

Pada pagi ini, para menteri diagendakan akan berolahraga dan senam pagi setelah bangun tidur.

Setelah itu, mereka lanjut mengikuti latihan disiplin baris berbaris sebelum masuk ke kelas di ruang Graha Utama Akmil.

Kemudian, mereka akan mendapatkan pembekalan dari Prabowo dan para ahli.

Sementara, para menteri juga harus berpartisipasi dalam pembekalan ini lewat pemaparan sesuai dengan bidang kerjanya.

Menteri Kabinet Merah Putih tidak hanya akan menjalani pembakalan semata, tetapi juga disediakan kegiatan seremonial yang lebih santai.

Contohnya, pada Jumat sore nanti, akan digelar parade senjata dari tiga matra di Akmil Magelang.

Lalu, pada Sabtu (26/10/2024), para menteri akan mengikuti gala dinner bersama Prabowo dan Gibran.

Di sisi lain, pada Kamis kemarin, rangkaian acara pembekalan belum digelar. Para menteri hanya menjalaninya dengan makan malam dan mengobrol santai.

"Cuma makan malam sambil silaturahim ngobrol-ngobrol kemudian acara bebas, tidak ada agenda," kata Menteri Kehutanan, Raja Juli Antoni.

Acara makan malam atau dinner tersebut hanya diikuti Menteri, Wamen, Kepala Badan, dan Wakil Kepala Badan.

"Pak Presiden dan Mas Wapres tidak ikut serta," ucapnya.

Alasan Prabowo 'Gembleng' Menteri di Magelang

Sebelumnya, Prabowo menjelaskan alasan dirinya memboyong para menteri untuk mengikuti pembekalan di Magelang.

Dia menginginkan, lewat pembekalan tersebut, maka terbangung kerja tim dalam Kabinet Merah Putih.

"Saudara, saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan, kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan akademi militer," kata Prabowo saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Komplek Istana, Jakarta, Rabu (22/10/2024).

Prabowo yakin pembekalan di Akmil Magelang nanti akan membawa banyak manfaat. 

Magelang, kata Prabowo, merupakan kota bersejarah yang dulunya merupakan salah satu tempat perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah.

"Hal itu saya nilai akan membawa banyak manfaat, karena sesungguhnya lahirnya Republik kita memang proklamasi di Jakarta tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik," katanya.

"Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," katanya.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)(Kompas.com/Erwina Rachmi)

Artikel lain terkait Kabinet Prabowo Gibran 

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #cuma #menteri #gibran #juga #pakai #seragam #loreng #saat #pembekalan #akmil #magelang

KOMENTAR